Pemdes Gunungsari Ciamis Siap Kembangkan Budidaya Kopi

Selasa, 12 November 2019 19:59 Clara Aditia Desa

Pemdes Gunungsari Ciamis Siap Kembangkan Budidaya Kopi


Koropak.co.id - Sekretaris Desa Gunungsari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis, Haris Sugara menuturkan Pemerintah Desa Gunungsari berencana mengembangkan budidaya kopi seiring dengan dukungan lahan dan tekstur tanah yang sangat menunjang pengembangan pertanian.

"Guna mewujudkannya, kami akan menjalin komunikasi untuk mengkonsultasikan wacana ini bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis dan pihak Perhutani. Lahan yang akan kita gunakan milik Perhutani oleh sebab itu, kita akan konsultasikan bagaimana perizinannya," kata Haris kepada Koropak selepas pelantikan dirinya sebagai Sekretaris Desa Gunungsari, Selasa (12/11/2019).

Sejak dulu, kata Haris, sektor pertanian di Desa Gunungsari sangat potensial, dan menjadi sektor perekonomian unggulan yang dilakoni warga, di samping industri rumahan seperti makanan ringan yang turut berkembang pula.

"Oleh sebab itu, memanfaatkan keunggulan lahan di Desa Gunungsari, ditambah dengan booming-nya industri kopi Nusantara, kami akan mendorong pengembangan budidaya kopi di sini. Tujuannya, menciptakan kemandirian ekonomi bagi masyarakat yang mayoritas bermatapencaharian  bertani," katanya.

 

Koropak.co.id - Pemdes Gunungsari Ciamis Siap Kembangkan Budidaya Kopi (3)

 

Baca : Di Ciamis, Bahan Limbah Jadi Potensi Pemberdayaan KPM PKH

Selain mendorong potensi-potensi perekonomian melalui pertanian, ucap Haris, Pemerintah Desa Gunungsari juga akan berbenah untuk memperkokoh struktur perangkat desa dengan mengisi jabatan yang kosong, yakni Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum.

"Tentu untuk melaksanakan berbagai program, kita pun harus memperkokoh struktur. Rencana terdekatnya dengan membuka kekosongan Kaur Tata Usaha dan Umum. Di samping itu, juga turut mempersiapkan Musrenbang Desa yang menjadi wadah diskusi bersama masyarakat untuk menjaring aspirasi dan harapan masyarakat Desa Gunungsari," ujar Haris.

Sementara itu, Camat Sadananya, Hj. Tini Lastiniwati menyambut dilantiknya Haris Sugara sebagai Sekretaris Desa Gunungsari, sekaligus mengapresiasi rencana pengembangan budidaya kopi di Desa Gunungsari.

"Itu merupakan rencana yang sangat bagus untuk mengembangkan perekonomian masyarakat Desa Gunungsari yang mayoritas bermata pencaharian bertani dan bercocok tanam," katanya.*

 

Baca pula : Industri Kopi Semakin Tumbuh Dengan Menjamurnya Kedai Kopi 

Lihat : Spirit Kembangkan Daerah Dengan Sabut Kelapa

 


Berita Terkait