Jika Ada Regulasi, Bawaslu Siap Awasi Perhelatan Pilkades

Kamis, 14 November 2019 23:32 Clara Aditia Daerah

Jika Ada Regulasi, Bawaslu Siap Awasi Perhelatan Pilkades

 


Koropak.co.id - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ciamis, Uce Kurniawan menyatakan kesiapan Bawaslu untuk mengawasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang saat ini kian lebih tertata dan lebih tertib kepanitiaan pemilihan.

Demikian disampaikan Uce saat dijumpai Koropak selepas membuka kegiatan Seleksi Kader untuk program Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) di Gedung Bawaslu Ciamis, Kamis (14/11/2019).

Dikatakan Uce, saat ini dalam Undang-Undang tidak termaktub adanya regulasi yang mengatur kewenangan Bawaslu di daerah untuk mengawasi pelaksanaan Pilkades. Padahal jika ditilik secara seksama, potensi pelanggaran dalam Pilkades cukup tinggi. Bahkan bisa lebih tinggi dari Pilkada.

"Bahkan, Pilkades itu lebih berpotensi terjadinya pelanggaran. Hanya saja kami tidak memiliki kewenangan untuk mengawasi," katanya.

Uce menyatakan Bawaslu sangat siap untuk melaksanakan pengawasan Pilkades jika memang ada payung hukum yang menaungi. Minimal tercantum dalam satu pasal yang menyatakan Bawaslu diberi kewenangan untuk melakukan pengawasan dan penindakan pelanggaran dalam Pilkades di daerah.

 

 

Koropak.co.id - Jika Ada Regulasi, Bawaslu Siap Awasi Perhelatan Pilkades

 

Baca : Bawaslu Ciamis Jadikan HUT Sebagai Momentum Evaluasi Kinerja

"Jika mengacu pada Undang-Undang, untuk memasukan regulasi tersebut kan prosesnya tentu lebih panjang, karena harus merevisi Undang-Undang. Ya minimal dibuatkan Peraturan Bupati, yang menyatakan Bawaslu diberi kewenangan mengawasi Pilkades, maka kami siap mengawasi," ujar Uce.

Namun, kata Uce, meski tanpa pengawasan dari Bawaslu, diharapkan pelaksanaan Pilkades dapat berjalan lancar, jujur, dan adil, tanpa ada ekses. Jangan sampai ada praktik-praktik kecurangan sebab akan melukai citra demokrasi, apalagi sekarang Pilkades sudah lebih tertata, sampai dibuatkan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) khusus untuk Pilkades.

"Mari sukseskan Pilkades yang akan kita songsong di tahun 2020. Kami titipkan kepada para panitia pemungutan suara, laksanakan Pilkades secara jujur, adil, tanpa ekses," ucap Uce.*

 

Baca pula : Bawaslu Ciamis Lakukan Kaderisasi Agen Pendidikan Politik




Berita Terkait