Pembahasan Besaran Dana Cadangan Kota Tasikmalaya Cukup Alot

Sabtu, 16 November 2019 09:59 Clara Aditia Parlemen

Pembahasan Besaran Dana Cadangan Kota Tasikmalaya Cukup Alot

 

Koropak.co.id - Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya sekaligus Ketua Pansus Pembahas Raperda Dana Cadangan, Andi Warsandi menuturkan hingga saat ini, besaran dana cadangan yang diusulkan Pemkot Tasikmalaya belum kunjung ditetapkan mengingat banyak pertimbangan yang mesti dibahas.

Demikian disampaikan Andi saat memimpin audiensi dan pembahasan Raperda Dana Cadangan yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Jumat (15/11/2019).

"Besaran dana mengacu pada kebutuhan alokasi untuk pelaksanaan dua event akbar, yakni Porprov dan Pilkada. Namun tentu dalam menentukan besaran alokasi, harus pula mempertimbangkan alokasi untuk program-program pembangunan lain," kata Andi.

Termasuk, ucap Andi, alokasi untuk program yang mengerucut pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Tasikmalaya, sebagaimana visi misi Walikota dan Wakil Walikota Tasikmalaya.

"Alokasi dana cadangan tidak bisa dibiayai sekaligus. Sistem saving harus dilakukan secara bertahap. Oleh sebab itu, skema penyimpanan dana cadangannya dialokasikan per tahun anggaran," katanya.

 

Koropak.co.id - Pembahasan Besaran Dana Cadangan Kota Tasikmalaya Cukup Alot (2)

 

Baca : Pemerintah Harus Bijak Kelola Pos Anggaran Dana Cadangan

Andi mencontohkan untuk alokasi dana cadangan pelaksanaan Porprov 2022. Jika sudah ditentukan besarannya, saving dimulai dari tahun anggaran 2020 dan 2021. Baru kekurangannya dipenuhi di tahun anggaran berjalan. Pun demikian dengan dana cadangan Pilkada.

"Jadi pengalokasian tersebut memerlukan perhitungan, pengkajian penyelarasan dan rasionalisasi dengan daya dukung anggaran," katanya.

Ditambahkan Andi, alokasi dana cadangan harus diselaraskan pula dengan kebutuhan pelaksanaan dua event akbar tersebut. Kebutuhan anggaran pelaksanaan dua event akbar tersebut juga harus terpenuhi agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar dan tanpa hambatan.*

 

Baca pula : Fraksi Gerindra Kritisi Raperda Pembentukan Dana Cadangan

 


Berita Terkait