Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Tutup Sekolah Kader Pengawas

Sabtu, 16 November 2019 22:49 D. Farhan Kamil Daerah

Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Tutup Sekolah Kader Pengawas



Koropak.co.id - Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya menutup proses pembelajaran di sekolah kader pengawasan partisipatif yang telah dilaksanakan di Hotel Dewi Asri Singaparna selama empat hari, mulai Selasa (12/11/2019) sampai dengan Sabtu (16/11/2019).

Selain dihadiri seluruh anggota Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya dan Sekretaris Bawaslu beserta jajarannya, acara penutupan sekolah yang diikuti 90 orang peserta itu, juga dihadiri anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Juanda mengatakan, hari ini merupakan puncak kegiatan pembelajaran di kelas sekaligus akhir sekolah kader pengawasan partisipatif.

"Para peserta ini telah dibekali ilmu dan teknis pengawasan serta pelaporan manakala ditemukan dugaan pelanggaran Pilkada 2020. Tetapi yang paling penting adalah, mereka memiliki inisasi pencegahan," kata Dodi.

 

Baca : Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Didik Sukarelawan Pengawas Pemilu

Mereka juga, ucap Dodi, sudah siap memberikan pendidikan politik kepada seluruh elemen masyarakat dan memahami skil untuk memperkuat pengorganisasian dan memperluas jaringan dengan seluruh pemangku kepentingan baik secara individu maupun kelompok.

"Melalui kader pengawasan partisipatif ini juga, kita berkomitmen untuk menolak seluruh politisasi sara, hoax dan politik uang yang menghancurkan ruh demokrasi, dengan memperkuat kesadaran kritis masyarakat, melalui simpul masyarakat/komunitas di lingkungannya," tutur Dodi.

Intinya, kata Dodi, dengan kehadiran kader ini, energi Bawaslu dan jajaran di bawahnya dalam pengawasan Pilkada 2020, dipastikan bakal semakin kuat serta mengakar di tataran akar rumput.*

 

Baca pula : KPU Dan Bawaslu Usulkan Anggaran Pilkada Kabupaten Tasikmalaya

 


Berita Terkait