Di Garut, 90 Peserta Disiapkan Jadi Kader Pengawasan

Selasa, 19 November 2019 08:43 Dedi Sofwan Pilkada

Di Garut, 90 Peserta Disiapkan Jadi Kader Pengawasan


Koropak.co.id - Puluhan peserta mengikuti Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Garut, di Auditorium Hotel Augusta, Jalan Raya Cipanas Garut, Jawa Barat, mulai hari ini, Senin (18/11/2019) hingga Jumat (22/11/2019) mendatang.

Kepada Koropak, Ketua Bawaslu Kabupaten Garut, Ipa Hafsiah Yakin mengatakan SKPP diikuti 90 peserta terpilih dari penjaringan 198 peserta yang mendaftar.

"Mereka yang mengikuti program SKPP merupakan para peserta terpilih yang selanjutnya mengemban amanah untuk menjadi Kader Bawaslu dalam melaksanakan sosialisasi dan edukasi, serta pengawasan partisitasif bagi masyarakat dalam pemilu," ucapnya.

Dijelaskan Ipa, SKPP bertujuan untuk melaksanaan fungsi pendidikan Bawaslu, yakni meningkatkan pengawasan partisipatif masyarakat, sarana pendidikan pemilu bagi masyarakat, pembentukan pusat pendidikan pengawasan pemilu yang berkesinambungan bagi masyarakat, menciptakan kader pengawasan yang tepat guna dan menciptakan simpul-simpul pengawasan di semua lapisan masyarakat yang ada di Indonesia.

Berdasarkan pengalaman pelaksaan pemilu sebelumnya, Bawaslu telah berupaya untuk melakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka melakukan kontrol terhadap pelaksanaan pemilu yang tercermin dalam rencana strategis Bawaslu.

 

Koropak.co.id - Di Garut, 90 Peserta Disiapkan Jadi Kader Pengawasan (2)

 

Baca : Indikator Jangka Panjang, SKPP Tingkatkan Mutu Pemilu

 

Rencanya strategis tersebut meliputi pembuatan dan peningkatan mutu regulasi pengawasan pemilu, peningkatan profesionalisme, spesialisasi, dan integritas struktur kelembagaan pengawas pemilu, peningkatan dukungan layanan administrasi, organisasi, dan manajemen, dan rencana strategis lainnya.

"Akan tetapi, upaya perbaikan pengawasan pemilu membutuhkan dukungan, baik dari penyelenggara pemilu lainnya, peserta pemilu, maupun masyarakat. Saat ini salah satu fokus Bawaslu terkait pengawasan pemilu tertuju pada pelibatan masyarakat untuk aktif ambil bagian menjadi pengawas pemilu partisipatif," ucapnya.

Melalui SKPP, kata Ipa, Bawaslu berupaya melakukan pendidikan pengawasan pemilu kepada masyarakat dengan membentuk wadah pendidikan pengawasan pemilu yang berkesinambungan sekaligus merupakan bentuk dukungan dan sinergi program pemerintah tentang pemberdayaan masyarakat dalam pemilu.*

 

Baca pula : Jawa Barat Jadi Pionir SKPP di Indonesia