Tingkatkan Kapasitas, SDM PKH Ikuti Bimbingan Pemantapan

Selasa, 19 November 2019 10:26 Sofie Herawati Daerah

Tingkatkan Kapasitas, SDM PKH Ikuti Bimbingan Pemantapan


Koropak.co.id - Bertempat di Aula Dinas Sosial P3A Kota Banjar, Kamis (14/11/2019) segenap SDM Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Banjar mengikuti Bimbingan dan Pemantapan dalam rangka mempersiapkan percepatan graduasi mandiri di tahun 2020.

Bimbingan pemantapan tersebut membahas tentang materi Asset Based Community Development yang dikombinasikan dengan pembelajaran praktek terkait teknik yang tepat untuk memahamkan dan mengajak KPM agar mau menggraduasi dirinya secara sadar dan mandiri.

Simulasi penerapan teknik ini terbagi ke dalam empat kelompok yang diawali dengan mengajak KPM agar mengungkapkan atau menggambarkan mimpi-mimpinya yang berkaitan dengan graduasi.

Kemudian, mengajak KPM PKH untuk menentukan upaya yang harus dilakukan untuk mencapai mimpi tersebut. Pilah upaya mana yang sudah atau belum dilakukan. Sesi terakhir buat rencana dan target yang dibuat bersama kelompok KPM.

 

Koropak.co.id - Tingkatkan Kapasitas, SDM PKH Ikuti Bimbingan Pemantapan (2)

 

Baca : Bangun Kepercayaan Diri, PKH Banjar Gelar Lomba KPM Teladan

 

Bimbingan Pemantapan tersebut sejalan dengan arahan Kepala Dinas Sosial Kota Banjar Drs. Asep Tatang Iskandar, M.Si, yang menyatakan bahwa target graduasi mandiri di KPM PKH Kota Banjar untuk tahun 2020 harus mencapai 10 persen.

"Target tersebut menjadi tantangan kita bersama untuk menggraduasi KPM secara mandiri. Mari mempersiapkan ini, setiap pendamping perlu membuat Rencana Aksi Pendamping (RAP) sebagai target tahunan," katanya.

Bimbingan pemantapan tersebut juga digelar dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas SDM PKH dalam melaksanakan program pendampingan bersama masyarakat dampingannya. Juga menjadi sarana untuk mengenalkan beberapa teknik assessment dalam praktek pekerjaan sosial mezzo dan makro.

Akademisi dari Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung, Didiet Widiowati menuturkan dalam melaksanakan pendampingan dan graduasi mandiri KPM, harus diawali itu dengan mimpi dan harapan SDM PKH sebagai pelaksana program.

"Kita perlu memahami aset dan potensi yang ada dalam kelompok KPM sebagai bagian dari masyarakat," katanya.*

 

Baca pula : Di Kota Banjar, Graduasi KPM Tahun 2020 Ditargetkan 10 Persen