Kali Pertama Pemkab Tasikmalaya Raih Swasti Saba Padapa

Rabu, 20 November 2019 19:05 D. Farhan Kamil Daerah

Kali Pertama Pemkab Tasikmalaya Raih Swasti Saba Padapa


Koropak.co.id - Setelah melalui proses perjuangan cukup panjang dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya akhirnya dianugrahi penghargaan Swasti Saba Padapa 2019, sebagai Kabupaten Kota Sehat (KKS).

Penghargaan tersebut diterima oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya dr. Faisal Soeparianto mewakili Bupati Tasikmalaya, didampingi Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dadan Hamdani, SKM., M.SI serta Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat dr. Hj. Reti Zia Dewi Kurnia.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

"Alhamdulilah pada tahun ini, Pemkab Tasikmalaya dianugerahi penghargaan Swasti Saba Padapa, sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah, yang secara serius dan berkelanjutan melaksanakan program-program kesehatan untuk mewujudkan kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, aman, nyaman dan sehat," tutur Reti kepada Koropak, Rabu (20/11/2019).

Dijelaskan Reti, Swasti Saba Padapa ini diberikan kepada pemerintah kota/kabupaten yang telah menunjukkan kepedulian dan memberikan banyak kontribusi dan komitmen besar terhadap tujuan pembangunan kesehatan.

 

Koropak.co.id - Kali Pertama Pemkab Tasik Raih Swasti Saba Padapa (3)

 


Sejalan dengan tiga prioritas utama pembangunan yang ditekankan Bupati Tasikmalaya salah satunya bidang kesehatan tambah dia, dan diraihnya penghargaan Swasti Saba Padapa, sejatinya menjadi motivasi bagi semua pihak terutama bagi forum kabupaten sehat, untuk meningkatkan kondisi yang ada terutama dalam hal standar pelayanan kesehatan bagi masyarakat, menciptakan lingkungan bersih secara merata, menciptakan tatanan sehat dan menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

"Termasuk meningkatkan tatanan lainnya secara bertahap yang tercakup dalam sembilan tatanan untuk meraih penghargaan Swasti Saba dengan level lebih tinggi," ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, penghargaan kota sehat memiliki jenjangnya yakni, Swasti Saba Padapa, Swasti Saba Wiwerda dan Swasti Saba Wistara.

"Ke depan kita berharap bisa meraih Swasti Saba Wiwerda. Kita tidak boleh terlena karena pembangunan kesehatan masih terus membutuhkan perbaikan dan kerja bersama," kata Reti, sembari menambahkan, harapan ke depan adanya penguatan dukungan alokasi biaya salah satunya bersumber CSR, untuk membangun masyarakat lebih sehat menuju daerah kuat," katanya.*

 

Baca pula : Persoalan Sampah Bikin Berat Bagi Kabupaten Tasikmalaya Melangkah Maju



 


Berita Terkait