Layanan Terintegrasi Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya, Cepat dan Dimana Saja

Jum'at, 22 November 2019 13:46 D. Farhan Kamil Daerah

Layanan Terintegrasi Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya, Cepat dan Dimana Saja

 

Koropak.co.id - Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, terus berinovasi dengan menciptakan terobosan baru dalam rangka percepatan dan kemudahan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) kepada masyarakat.

Selain menggunakan metode jemput bola dengan cara door to door ke masyarakat termasuk ke kelompok disabilitas, manula dan jompo, Disdukcapil juga telah membangun metode perekaman terintegrasi, dimana masyakat dapat melakukan perekaman untuk mendapat identitas kependudukan (KTP-el) dimana saja selama berada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

"Warga satu daerah tak perlu lagi mendatangi kantor kecamatan sesuai domisili. Warga bisa mendatangi kantor kecamatan terdekat dimana saja untuk melakukan perekaman," kata Plt Kepala Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya, Ahmad Muchsin didampingi Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data, H. UU Saeful Uyun, seusai menggelar sosialisasi Kebijakan Adminduk di hadapan ratusan Kasi Pemerintahan dari 39 kecamatan dan 351 desa, di Hotel Grand Metro Kota Tasikmalaya, Rabu (20/11/2019).

 

Koropak.co.id - Layanan Terintegrasi Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya, Cepat dan Dimana Saja (2)

 

Hasil perekaman itu terang Muhsin, akan dikirm oleh operator kecamatan ke Disdukcapil dan hasilnya akan dikirim ke kecamatan sesuai domisili. "Hal ini kita lakukan selain untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat, juga untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan proses perekaman di satu kecamatan akibat alat perekaman yang didrop pemerintah pusat mengalami gangguan atau rusak," ujarnya.

Selain terobosan itu, Dinas juga membuka layanan akta kelahiran online. "Saat ini masih dalam uji coba di beberapa kecamatan terutama di daerah-daerah yang memiliki kualitas jaringan internetnya lemah. Nantinya, pemohon akta lahir tak perlu datang ke Dinas. Pemohon tinggal datang ke kecamatan dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan. Setelah permohonan disetujui dinas, saat itu juga pemohon dapat membawa pulang akta lahir. Terobosan ini sama halnya dengan pembuatan kartu keluarga (KK) yang sudah berada di kecamatan," tuturnya.

Ke depan terang dia, pelayanan Kartu Indonesia Anak (KIA) juga akan dilakukan secara online. "Kita terus berinovasi agar urusan adminitrasi kependudukan di Kabupaten Tasikmalaya ini bisa lebih baik dan menjadi yang terbaik di Indonesia," ucapnya.*

 


Berita Terkait