Raperda SOTK Masuki Tahap Finalisasi Pansus

Jum'at, 22 November 2019 18:42 Eris Kuswara Parlemen

Raperda SOTK Masuki Tahap Finalisasi Pansus


Koropak.co.id - Panitia Khusus (Pansus) Pembahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Sistem Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Kota Tasikmalaya menggelar kegiatan Public Hearing dalam rangka finalisasi terkait Raperda tersebut yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Jumat (22/11/2019).

Dijumpai Koropak selepas kegiatan, Ketua Pansus Pembahas Raperda SOTK Kota Tasikmalaya, H Dayat Mustofa mengatakan kegiatan Public Hearing yang digelar dalam rangka finalisasi terkait dengan perubahan Raperda Nomor 7 Tahun 2016 tentang SOTK.

"Perubahan Raperda tersebut, menyelaraskan dengan aturan tertinggi, yakni Permendagri tentang evaluasi urusan pemerintahan sehingga ada beberapa perubahan di lingkup kedinasan, salah satunya Kantor Kesbangpol, dari status kelembagaan kantor menjadi badan. Kemudian ada penggabungan dinas seperti Dinas Pangan yang kini digabungkan bersama Dinas Pertanian dan Perikanan," kata Dayat.

 

Koropak.co.id - Raperda SOTK Masuki Tahap Finalisasi Pansus (2)

 

Baca : Perda Dibentuk Untuk Optimalisasi Kinerja Pemerintah Kota Tasikmalaya

Ditambahkan Dayat, adapula perubahan nomenklatur untuk Inspektorat menjadi Inspektorat Badan (Irban). Selanjutnya Dinas Pendapatan yang mengalami perubahan nomenklatur untuk Badan Kepegawaian dan Dinas Badan Pajak.

"Jumlah keseluruhan OPD yang mengalami perubahan sebanyak 5 OPD," ucapnya.

Dayat menuturkan, saat ini pembahasan terkait Raperda SOTK sudah memasuki tahap final, sehingga hanya tinggal melakukan fasilitasi kepada Gubernur dan target maksimal pada 19 Desember 2019 mendatang sudah bisa diparipurnakan.

"Kami berharap dengan terbentuknya OPD baru, bisa meningkatkan kinerja OPD yang bersangkutan, memaksimalkan dan memberikan inovasi-inovasi yang baru dalam rangka menyejahterakan masyarakat Kota Tasikmalaya," ujarnya.*

 

Baca pula : Pembahasan Besaran Dana Cadangan Kota Tasikmalaya Cukup Alot


Berita Terkait