Kabar Gembira! Di Perbatasan Ciamis-Banjar Segera Dibangun Agrowisata

Jum'at, 22 November 2019 19:30 Clara Aditia Desa

Kabar Gembira! Di Perbatasan Ciamis-Banjar Segera Dibangun Agrowisata


Koropak.co.id - Desa Cimaragas Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis, merupakan desa yang berbatasan langsung dengan Kota Banjar. Berada di jalur utara Ciamis, Desa Cimaragas menjadi wilayah jalur alternatif dari awah Jawa Tengah menuju Bandung.

Sebagai wilayah di jalur lintas, Cimaragas tidak ingin melewatkan kesempatan tersebut untuk menyuguhkan daya tarik wisata yang dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. Oleh sebab itu, di tahun 2020 mendatang, berkat dukungan alokasi anggaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, di Cimaragas segera dibangun objek Agrowisata.

Demikian disampaikan Kepala Desa Cimaragas, Dede Amir saat dijumpai Koropak, Jumat (22/11/2019). Dikatakan Dede, saat ini Desa Cimaragas tengah menggenjot potensi perekonomian dari sektor wisata, salah satunya dengan membangun Agrowisata di dekat Situs Salawe.

"Tahun 2020, Pemprov Jabar sudah menganggarkan untuk pembangunan Agrowisata dan Rest Area di dekat Situs Salawe, dengan luas lahan hingga 6 hektare," katanya.

 

Koropak.co.id - Kabar Gembira! Di Perbatasan Ciamis-Banjar Segera Dibangun Agrowisata (2)

 

Dikatakan Dede, selain menggenjot potensi perekonomian baru, Desa Cimaragas juga konsen mengembangkan basis perekonomian masyarakat yang mayoritas bermatapencaharian dalam sektor pertanian.

"Di Desa Cimaragas tercatat ada 6 kelompok tani. Sektor pertanian ini telah menyukseskan peningkatan perekonomian dan mengangkat taraf hidup masyarakat. Berkembangnya potensi perekonomian dari sektor pertanian turut dibantu oleh pendampingan dari Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K)," ujarnya.

Selain BP3K, ucap Dede, potensi pertanian juga turut digenjot melalui peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan optimalisasi pemberdayaan kelompok.

"Terimakasih, semua program yang terencana dan terlaksana di Desa Cimaragas tidak terlepas dari peranan masyarakat yang telah mendukung kami sejak awal hingga akhir. Kami senantiasa mengharapkan Desa Cimaragas dengan 6 dusun dan lebih dari 4.000 penduduk, dapat terus maju," kata Dede yang akan berakhir masa jabatannya pada 12 Desember 2020 tersebut.*