PKH Kota Tasikmalaya Kejar Target 10 Persen KPM Graduasi Mandiri

Sabtu, 23 November 2019 11:36 Natya Luthfiyah Bunyamin Daerah

PKH Kota Tasikmalaya Kejar Target 10 Persen KPM Graduasi Mandiri

 

Koropak.co.id - Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Tasikmalaya terus berjuang mengejar target 10 persen graduasi mandiri bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH Kota Tasikmalaya di tahun 2020.

Salah satu upayanya dengan memacu produktivitas para KPM seperti halnya yang terus dilakukan PPKH Kota Tasikmalaya. Upaya tersebut merupakan buah hasil Rapat Koordinasi PPKH Kota Tasikmalaya yang digelar di Kebun Buah Naga, Jalan Situbeet, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Selasa (19/11/2019).

Rakor yang berlatar nuansa alam terbuka tersebut dihadiri oleh SDM PKH Kota Tasikmalaya, meliputi koordinator kota, pekerja sosial supervisor, pendamping sosial, serta administrasi pangkalan data (operator) PKH dari seluruh kecamatan di Kota Tasikmalaya. Rakor turut dihadiri pula Koordinator PKH Wilayah (Korwil) Jabar 3, Zamzam Timur Alfian.

Korwil Zamzam menyampaikan evaluasi kinerja SDM PKH tahun 2019 sekaligus menyusun target capaian PKH Kota Tasikmalaya pada tahun 2020.

"Tahun 2019, telah dipenuhi oleh berbagai kegiatan berkaitan dengan Penyaluran Bantuan Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, hingga Graduasi Mandiri. Kami mengapresiasi capaian PKH Kota Tasikmalaya di tahun 2019 dengan angka Graduasi Mandiri yang mencapai lebih dari 200 KPM," katanya.

Zamzam menuturkan Pendamping Sosial memiliki peran penting dalam memberikan pemahaman dan memotivasi KPM PKH ini untuk mengubah pola pikir dan perilaku KPM PKH.

"Jika sebelumnya KPM tersebut tidak memiliki usaha. Namun setelah mendapatkan bantuan PKH dan dimotivasi oleh pendamping, KPM bisa menyisihkan bantuannya untuk memulai usaha, dan pada akhirnya usahanya pun berkembang. Setelah usahanya berkembang dan anggota KPM tersebut dapat memenuhi kebutuhan keluarganya, KPM tersebut akhirnya secara sukarela mengundurkan diri dari kepesertaan PKH,” ucap Zamzam.

 

Koropak.co.id - PKH Kota Tasikmalaya Kejar Target 10 Persen KPM Graduasi Mandiri (1)

 

Baca : KPM PKH di Kota Tasikmalaya Didorong Optimalkan Peran Gadget Untuk Mandiri

 

Zamzam mengingatkan kepada seluruh SDM PKH agar jangan cepat berpuas diri karena pada tahun 2020, target Graduasi Mandiri bertambah menjadi 10 persen dari total penerima bantuan sosial PKH di Kota Tasikmalaya.

“Target Graduasi Mandiri di Kota Tasikmalaya tahun 2020 mencapai 3.500 KPM atau sebesar 10 persen dari total KPM penerima PKH. Target tersebut bisa tercapai dengan keaktifan Pendamping dalam melakukan pemberdayaan, melihat potensi para KPM PKH di wilayah dampingannya yang bisa dikembangkan dan tentu saja terus memberikan dorongan kepada KPM PKH untuk mengubah pola pikirnya untuk maju dan bangkit, “ tuturnya.

Untuk memenuhi target tersebut, Pendamping Sosial PKH sudah menyiapkan berbagai strategi untuk membantu KPM PKH mencapai status sejahtera mandiri, meliputi pemberdayaan dan pendekatan kepada KPM agar mau diajak untuk lebih produktif, penggalian kondisi ekonomi KPM dan meningkatkan kesadaran KPM untuk tidak bergantung pada bantuan yang diterima.

Tidak hanya itu, salah satu strategi Kementerian Sosial untuk memenuhi target tahun 2020 yang berkaitan dengan Anak KPM PKH berprestasi adalah One Village, One Bachelor, atau Satu Desa Satu Sarjana, bekerjasama dengan Bakrie Foundation, sebagai cara untuk tercapainya keberhasilan program dengan bantuan sosial yang ditujukan untuk kategori Pendidikan mulai tingkat SD, SMP, dan SMA.*

 

Baca : Permudah Pemantauan Bansos, Menteri Sosial Launching Aplikasi E-PKH

 

 

 


Berita Terkait