Tingkatkan Kesiapsiagaan, Korem Tarumanagara Gelar Latihan Penanggulangan Bencana

Sabtu, 23 November 2019 12:31 Dedi Sofwan Daerah

Tingkatkan Kesiapsiagaan, Korem Tarumanagara Gelar Latihan Penanggulangan Bencana


Koropak.co.id - Letak geografis Garut yang dikelilingi lima gunung berapi yakni Gunung Guntur, Gunung Galunggung, Gunung Papandayan, Gunung Telaga Bodas dan Gunung Cikuray membuat Garut termasuk daerah Cincin Api (Ring of Fire) yang rawan terjadi bencana gunung meletus.

Oleh sebab itu, Korem 062/Tarumanagara bersama instansi terkait yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) menggelar latihan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam, yang dipusatkan di Makorem 062/Tarumanagara, Jalan Bratayudha, Garut, Jawa Barat, Jumat (22/11/2019).

Latihan penanggulangan bencana alam yang diikuti masyarakat bersama Satgas PRCPB tersebut disaksikan langsung Danrem 062/Tarumanagara, Kolonel Inf Parwito.

Dikonfirmasi Koropak, Sabtu (23/11/2019), Danrem menuturkan latihan digelar dalam rangka melatih kesiapsiagaan aparat TNI dan instansi terkait yang tergabung dalam Satgas PRCPB agar lebih meningkatkan kerjasama dan keterpaduan dalam penanganan bencana alam.

"Latihan ini juga bertujuan untuk menguji proses pengambilan keputusan mulai dari proses perencanaan, persiapan sampai pelaksanaan operasinya. Dalam simulasi, kami melibatkan masyarakat agar mereka mengetahui tindakan apa yang harus diperbuat dan dilakukan jika terjadi bencana alam di wilayahnya," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Tingkatkan Kesiapsiagaan, Korem Tarumanagara Gelar Latihan Penanggulangan Bencana (2)

 

Dandim 0611/Garut Letkol Inf Erwin Agung T.W.A., S.T., M.Tr. (Han) menuturkan letak geografis Garut yang dikelilingi gunung berapi ibarat bom waktu yang sewaktu-waktu bisa meledak.

"Oleh sebab itu, salah satu tujuan dilaksanakan latihan bersama tersebut adalah agar masyarakat lebih sigap dan tanggap dalam menghadapi bencana dan akan memberikan rasa aman kepada masyarakat," ujarnya.

Menyoal tentang Ring Of Fire, Dandim mengatakan masyarakat perlu diberikan edukasi tentang menjaga kelestarian kawasan gunung, termasuk hutannya.

"Seringnya terjadi kebakaran hutan, salah satunya diakibatkan oleh dampak dari kemarau panjang, sehingga membuat ilalang serta pepohonan menjadi kering dan akan sangat mudah terbakar. Oleh sebab itu, mari kita bersama menjaga hutan dari kerawanan kebakaran terutama yang disebabkan oleh manusia," ucap Dandim.*

 


Berita Terkait