Dishub Ciamis Minta Aparatur Desa Lakukan Pendataan Potensi Parkir

Senin, 25 November 2019 16:44 Clara Aditia Daerah

Dishub Ciamis Minta Aparatur Desa Lakukan Pendataan Potensi Parkir


Koropak.co.id - Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis menggelar temu diskusi bersama segenap aparatur desa se-Kabupaten Ciamis yang dilangsungkan di Aula Dishub Ciamis, Senin (25/11/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dishub Ciamis Endang Sutrisna menjabarkan tugas pokok dan fungsi Dishub Ciamis, sekaligus mengedukasi aparatur desa tentang peranan Dishub Ciamis dalam bidang lalu lintas.

"Melalui kegiatan ini kami bersilaturahmi dengan semua aparatur desa, guna menyamakan persepsi dengan perangkat desa tentang tugas dan fungsi kami, khususnya di bidang lalu lintas," katanya.

Dishub, kata Endang, memiliki tugas dalam kelengkapan rambu peringatan hingga penerangan jalan umum (PJU) yang sejalan dengan program Bupati Ciamis melalui "Ciamis Terang". Para peserta juga diberikan informasi terkait jalan kabupaten yang ada di daerah, sehingga para peserta tahu ke mana harus mengajukan perbaikan sesuai tupoksinya.

"Kegiatan kali ini digelar untuk delapan kewadanaan, yakni Sindangkasih, Cikoneng, Ciamis, Cimaragas, Cijeungjing, Sadananya, Baregbeg, dan Cidolog," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Dishub Ciamis Minta Aparatur Desa Lakukan Pendataan Potensi Parkir

 

Ditambahkan Endang, Dishub mengharapkan pasca kegiatan tersebut, para aparatur desa bisa mengumpulkan informasi terkait rambu-rambu, ruas jalan rusak, data kendaraan, hingga potensi parkir yang bisa dikelola bersama, terlebih dalam hal parkir, pemerintah desa merupakan pemilik lokasi yang harus bisa memanfaatkan potensi parkir untuk dijadikan sumber tambahan Pendapatan Asli Desa (PADes).

"Untuk penerapan E-Parking, kita baru berencana. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui, termasuk merubah perda. E-Parking akan kita laksanakan setelah ada regulasi," ucap Endang.*

 

Baca : Dinas Perhubungan Garut Memiliki Kartu Pintar Uji KIR

 


Berita Terkait