Untuk Rekrutmen Panwascam, Bawaslu Gunakan Sistem CAT

Selasa, 26 November 2019 11:09 D. Farhan Kamil Pilkada

Untuk Rekrutmen Panwascam, Bawaslu Gunakan Sistem CAT

 

Koropak.co.id - Menjelang dimulainya tahapan pendaftaran dan penerimaan berkas perekrutan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Tasikmalaya, Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya melakukan serangkaian persiapan terutama kesiapan perangkat teknologi berbasis internet yang akan digunakan dalam pelaksanaan tes seleksi para calon.

Sesuai dengan Keputusan Ketua Bawaslu RI Nomor: 0883/K.BAWASLU/KP.01.00/XI/2019 serta Surat Ketua Bawaslu Propinsi Jawa Barat Nomor : 048/K.JB/TU.00.01/XI/2019 tertanggal 13 November 2019, pendaftaran dan penerimaan berkas akan dimulai pada tanggal 27 November hingga 3 Desember 2019.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, R. Setia Surya atau akrab dipanggil Deden mengatakan, proses rekrutmen kali ini bakal berbeda dengan pelaksanaan rekrutmen sebelumnya. Salah satu perbedaannya terletak pada pelaksanaan tes tulis.

"Pada rekrutmen sebelumnya, tes tulis dilaksanakan secara manual dengan menggunakan lembaran kertas, sedangkan rekrutmen nanti, kita menggunakan online Computer Assisted Tes (CAT)," kata Deden, Selasa (26/11/2019).


Baca : Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Tutup Sekolah Kader Pengawas

Pelaksanaan seleksi berbasis online atau Socrative/CAT tersebut terang Deden, merupakan gebrakan perdana Bawaslu dalam hal perekrutan pengawas adhoc tingkat kecematan.

“Ini gebrakan baru, kami ingin menunjukan kepada publik bahwa proses perekrutan Panwascam itu naik level, lebih modern dari sebelumnya. Kami berharap otputnya akan lebih baik. Di samping itu juga, penggunaan teknologi ini akan menunjang akuntabilitas proses perekrutan.” ujarnya.

Ditambahkan, melalui proses perekrutan Panwascam untuk Pilkada serentak Tahun 2020 nanti, Bawaslu berharap akan muncul anggota Panwascam yang kredibel, berintegritas dan punya kapabilitas terhadap kinerjanya.*

 

Baca : Jelang Pilkada Bawaslu Didik-sukarelawan-pengawas-pemilu


Berita Terkait