Dana Cadangan Tidak Akan Bebani APBD Kota Tasikmalaya

Selasa, 26 November 2019 22:04 Didit Fauzi Parlemen

Dana Cadangan Tidak Akan Bebani APBD Kota Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Pemerintah Kota Tasikmalaya bersyukur atas disetujui dan disahkannya Raperda tentang Pembentukan Dana Cadangan. Hal itu disampaikan Walikota Tasikmalaya, Drs. H. Budi Budiman kepada Koropak selepas menghadiri Rapat Paripurna dengan agenda pengesahan Raperda tentang Pembentukan Dana Cadangan menjadi Perda Kota Tasikmalaya, Senin (26/11/2019) malam.

"Pengalokasian dana cadangan merupakan upaya persiapan Kota Tasikmalaya dalam menghadapi dua perhelatan akbar, yakni Porprov 2022 dan Pilkada 2024 agar tidak terlalu membebani APBD pada tahun pelaksanaannya," katanya.

Walikota menuturkan dalam penganggaran dana cadangan, pemerintah daerah pun dituntut untuk mengelola APBD secara proporsional. Untuk pembiayaan lainnya, pemerintah daerah tetap akan upayakan dari APBD yang sudah dialokasikan, termasuk bantuan dari pemerintah provinsi dan CSR dari perusahaan yang ada di Kota Tasikmalaya.

"Walaupun dalam perjalanan pembahasan raperda pembentukan dana cadangan ini berkembang saran, rekomendasi, bahkan penolakan, tetapi kondisi demikian merupakan hal yang wajar karena mengandung pesan positif yang melatar belakanginya. Di sinilah peranan pemerintah dan dewan yang harus bijak dalam menyikapi aspirasi publik," ujarnya.

Walikota menyampaikan pengalokasian dana cadangan tetap memperhatikan kebutuhan utama untuk pelaksanaan program-program pemerintah, termasuk dalam pelayanan dasar yang bersifat wajib. Tetap harus memperhatikan prinsip efektif dan efisien, serta dikelola secara transparan dan akuntabel.

 

Koropak.co.id - Dana Cadangan Tidak Akan Bebani APBD Kota Tasikmalaya (2)

 

Terkait kritikan dari berbagai pihak, Walikota menuturkan dana cadangan tidaklah hanya digunakan untuk pelaksanaan Porprov maupun Pilkada, namun juga untuk kebutuhan pembangunan sarana pendukungnya seperti perbaikan venue cabang olahraga yang akan digelar di Porprov nanti.

"Kita harus bisa memanfaatkan momentum Porprov ini secara maksimal karena belum tentu tahun depan kita bisa menjadi tuan rumah kembali. Ditunjuknya Kota Tasikmalaya jadi tuan rumah Porprov, menjdi penyemangat kita untuk atlet kita," ujarnya.

Untuk pengalokasian yang sudah ditetapkan, Walikota sepakat dengan nominal yang telah ditetapkan, yakni untuk Porprov yang akan dilaksanakan pada 2022, disiapkan anggaran sebesar Rp 10 milyar yang akan dialokasikan di tahun anggaran 2021. Sedangkan untuk Pilkada yang akan dilangsungkan pada 2024, disiapkan anggaran sebesar Rp 20 milyar yang akan diserap dari anggaran tahun 2023.

"Kita juga akan mendapat bantuan dari pemerintah provinsi untuk perbaikan sentra olahraga seperti GOR Susi Susanti. Kita akan memaksimalkan sarana prasarananya," ujar Walikota.*

 

Baca pula : Sah! Raperda Dana Cadangan Kota Tasikmalaya Diparipurnakan


Berita Terkait