Pelaku Pembobol Alfamart Dicokok Tim Reskrim Polres Tasikmalaya

Kamis, 28 November 2019 13:18 D. Farhan Kamil Daerah

Pelaku Pembobol Alfamart Dicokok Tim Reskrim Polres Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Kurang dari dua pekan, Polisi berhasil meringkus sindikat pencurian minimarket. Dua dari tiga orang pelaku pencurian Alfamart Salawu pada Minggu 10 Nopember 2019 dini hari, berhasil ditangkap oleh tim Satreskrim Polres Tasikmalaya dan Unit Reskrim Polsek Salawu.

Berawal dari penangkapan Asep Nuryawan alias Dias (45) warga Ciguling Desa Pasanggrahan Kecamatan Sumedang Kabupaten Sumedang di wilayah Bandung pada tanggal 17 Nopember 2019, petugas kemudian mengantongi identitas seorang pelaku lainnya di wilayah Cilincing Jakarta Utara.

"Dari keterangan Dias, dua hari berikutnya petugas bergerak menuju wilayah Cilincing dan berkat bantun Tim JATANRAS Polda Merto Jaya, kita berhasil mengamankan Didin Wahyudi (37) di rumahnya," kata Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra S.IK, Kamis (28/11/2019).

Dari keterangan kedua pelaku, dalam setiap menjalankan aksi pencurian selalu dilakukan bertiga. Didin dan Dias merupakan pelaku utama, sedangkan untuk satu orang pelaku lainnya direkrut oleh Didin.

Untuk kasus Salawu terang Dony, tiga orang pelaku yakni Didin, Dias dan Jamal (DPO/Daftar Pencarian Orang), berangkat dari Bandung menuju Salawu Kabupaten Tasikmalaya, menggunakan mobil Toyota Avanza warna putih milik Didin yang dikendarai Dias.

"Setibanya di lokasi dalam keadaan sepi, mobil di parkir tepat di depan pintu Alfamart kemudian membobol pintu toko dengan cara merusak kunci gembok. Setelah berada di dalam ruangan, mereka merusak jaringan CCTV sebelum mengeruk barang-barang bernilai di dalamnya seperti rokok," tuturnya.

 

 

Koropak.co.id - Pelaku Pembobol Alfamart Dicokok Tim Reskrim Polres Tasikmalaya (2)

 

Dari tangan pelaku terang Kapolres, petugas berhasil menyita sejumlah barang bukti di antaranya, 1.330 bungkus rokok berbagai merek, 10 bungkus susu Morinaga Child School, 14 bungkus susu Lactogrow dan berbagai jenis kunci palsu serta sejumlah perkakas seperti tang pemotong, obeng modifikasi dan beberapa unit handphone.

"Kita juga mengamankan satu unit kendaraan merek Toyota Avanza warna putih yang digunakan dalam aksi pencurian. Kasus ini masih akan terus kita kembangkan termasuk salah satunya mengejar Jamal yang berperan sebagai pengangkut barang-barang curian ke dalam mobil," tuturnya.

Lebih lanjut Dony menyebutkan, para pelaku dijerat pasal 363 KUH Pidana dengan ancaman 7 tahun penjara. *a

 

Baca pula : Residivis Penghuni 4 Kali Penjara Tak Nampak Cemas

 


Berita Terkait