Dandim 0612/Tasikmalaya Pantau Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Kamis, 28 November 2019 16:45 Dede Hadiyana Daerah

Dandim 0612/Tasikmalaya Pantau Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana


Koropak.co.id - Menghadapi musim penghujan di akhir tahun 2019 serta dalam rangka penanggulangan bencana khususnya di wilayah Tasikmalaya, Kodim 0612/Tasikmalaya menggelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2019 yang berlangsung di Lapangan Makodim 0612/Tasikmalaya, Jalan Otto Iskandardinata Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (27/11/2019).

Apel yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 0612/Tasikmalaya Letnan Kolonel Inf. Imam Wicaksana tersebut diikuti oleh Danbrigif 13/Galuh, Danlanud Wiriadinata, Kapolres Tasikmalaya Kota, Kapolres Tasikmalaya, BPBD Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, termasuk peserta lainnya mulai dari TNI-Polri, Saptop PP, Dinas Perhubungan, dan Ormas.

Dikonfirmasi Koropak, Kamis (28/11/2019) Komandan Kodim 0612/Tasikmalaya Letnan Kolonel Inf. Imam Wicaksana menyampaikan wilayah Tasikmalaya cukup berpotensi dan rawan terhadap berbagai bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

"Untuk itu, diimbau kepada seluruh unsur yang bersangkutan untuk tidak ada lagi tumpang tindih tugas penanggulangan bencana. Setiap unsur harus mengetahui tugas yang harus dikerjakan serta saling bekerjasama," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Dandim 0612Tasikmalaya Pantau Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana (2)

 

Baca : Pemkot Tasikmalaya Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

Dikatakan Dandim, apel kesiapsiagaan ini juga bertujuan untuk mengetahui kesiapan dan antisipasi jika terjadi bencana alam atau hal-hal yang tidak diinginkan serta mengingkatkan kemampuan dan pengetahuan terkait penanggulangan bencana.

"Bencana diakibatkan oleh alam ataupun oleh perbuatan manusia itu sendiri, seperti gejolak sosial, kebakaran, kecelakaan industri yang terjadi dalam waktu singkat bahkan bisa berlangsung dalam waktu yang lama," katanya.

Oleh sebab itu, ucap Dandim, penanggulangan bencana merupakan sebuah proses yang dinamis, berlanjut, dan terpadu guna meningkatkan kualitas pergerakan yang berkaitan dengan observasi, analisis, pencegahan, penjinakan, kesiapsiagaan, penanganan darurat, rehabilitasi, serta rekonstruksi akibat bencana alam.*

 

Baca pula : BPBD Kota Tasikmalaya Gelar Apel Kesiapsiagaan