DMI Rencanakan Pasang Patok dan Tugu Arah Kiblat di TPU

Minggu, 01 Desember 2019 23:03 D. Farhan Kamil Daerah

DMI Rencanakan Pasang Patok dan Tugu Arah Kiblat di TPU

 

Koropak.co.id - DMI Kabupaten Tasikmalaya merencanakan pemasangan patok dan tugu di areal sekitar kuburan, sebagai pemandu arah kiblat. Hal itu bertujuan untuk memudahkan para petugas pemakaman untuk melihat arah kiblat (Kabah) sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penempatan arah jenazah/mayat.

"Kita berencana bekerjasama dengan pihak Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD), untuk memasang patok dan tugu arah kiblat di seluruh pemakaman umum di wilayah Kabupaten Tasikmalaya," kata Ketua PD DMI Kabupaten Tasikmalaya, Drs. KH. Dede Saeful Anwar, M.SI, seusai meninjau pelatihan ilmu Falak dalam menentukan arah kiblat, awal tahun Hijriah dan jadwal sholat, di Pesantren Srahtarjuningrahayu Kiarakuda, Desa Pakemitan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (1/11/2019).

 

 https://news.koropak.co.id/10790/dmi-kabupaten-tasikmalaya-perdalam-hisab-arah-kiblat

 

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan adanya kuburan yang melenceng dari arah kiblat. Hal itu salah satunya akibat tidak adanya alat bantu dalam menentukan arah kiblat. Maka kehadiran patok dan tugu kiblat itu menjadi penting.

"Tidak ada pertentangan di kalangan ulama Islam bahwa jenazah secara Islam, harus dimakamkan menghadap kiblat seperti halnya arah sholat," ujarnya.

Dengan terlebih dahulu mengetahui waktu penentuan (Rosdu), masyarakat dapat menentukan arah kiblat melalui bayang-bayang matahari melalui tugu kiblat tadi. "Ini yang kita harapkan, dimana seluruh tempat pemakaman umum itu ada panduan arah kiblat yang akurat," ucapnya.

Terkait soal pelatihan ilmu Falak, DMI berharap memiliki SDM-SDM yang mumpuni untuk menyelesaikan persoalan-persoalan arah kiblat minimal dilingkungan DKM masing-masing daerahnya. "Termasuk juga berkaitan dengan waktu sholat yang sangat krusial. Keilmuan ini sangat penting untuk diketahui dan disebarluaskan kepada masyarakat," ucapnya.*

 

Baca : DMI Kabupaten Tasikmalaya Perdalam Hisab Arah Kiblat

 

 


Berita Terkait