Tagana Kabupaten Tasikmalaya Jadi Percontohan Nasional

Rabu, 04 Desember 2019 10:37 D. Farhan Kamil Daerah

Tagana Kabupaten Tasikmalaya Jadi Percontohan Nasional


Koropak.co.id - Tak hanya berkutat dalam urusan bagaimana membantu, menyelamatkan dan menanggulangi para korban bencana. Untuk menopang aksi kemanusiaannya itu, Tagana Kabupaten Tasikmalaya menggelar Even Organizer Camp atau manajemen perkemahan bagi para pelajar SD, SMP dan SMA.

"Beberapa kali kita sukses menggelar perkemahan dengan pesertanya dari kalangan pelajar SD atau SMP dan SMA. Orientasinya kita fokuskan kepada materi pembelajaran bagaimana membangun kerja tim dan pemahaman berbagai hal tentang kebencanaan, di samping kita juga menyajikan beragam permainan dan hiburan serta outbound. Sasaran prioritas kita sementara ini adalah sekolah-sekolah yang berada di lokasi rawan bencana," kata Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya, Jembar Adi Setia, Selasa (3/12/2019).

Di samping itu terang Jembar, Tagana juga mengadakan sekolah siaga bencana (SSB). "Hingga saat ini tercatat sudah masuk angkatan ketiga dengan total peserta sekitar 500 orang dari kalangan pelajar SMA," ujarnya.

 

Baca : Bupati Ade: Tagana Aset Penanganan Bencana dan Masalah Sosial

Lebih lanjut Jembar menyebutkan, untuk memperluas jangkauan pemahaman masyarakat tentang kebencanaan, pihaknya berhasil merintis kampung siaga bencana (KSB) secara swadaya.

"KSB hari ini sudah terbentuk di 8 titik yang tersebar di 6 kecamtan. Antara lain di Salawu, Cigalontang, Karangnunggal, Cipatujah dan Culamega. Kita pun sedang menyusun formula agar ke depan muncul KSB-KSB mandiri yang didukung secara penuh dari sisi anggarannya oleh pemerintah desa," ucapnya.

Ditambahkan, pendidikan dasar Tagana awalnya dilakukan indoor seperti di aula atau ruang pertemuan, tetapi kini polanya berubah yakni outdoor dengan gaya semi militer.

"Kita ajak peserta pelatihan melakukan long march sepanjang 24 kilo meter. Melewati berbagai medan basah maupun kering, siang ataupun malam. Peserta dilatih survive sehingga menjadi SDM tangguh dalam berbagai situasi dan kondisi. Penanggulangan bencana itu tak kenal ruang dan waktu," tuturnya.

Dari pola seperti itu kata dia, Tagana Kabupaten Tasikmalaya menjadi percontohan nasional. "Alhamdulillah kita menjadi pelopor di tingkat nasional. Program-program kita dijadikan percontohan," terangnya.*

 

Baca pula : Indonesia Dijadikan Laboratorium Kajian Bencana 


Berita Terkait