Kadisparpora Kabupaten Tasikmalaya Akui Anggaran Tercoret

Jum'at, 06 Desember 2019 09:01 D. Farhan Kamil Daerah

Kadisparpora Kabupaten Tasikmalaya Akui Anggaran Tercoret

 

Koropak.co.id - Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tasikmalaya, Safari Agustin mengakui, jumlah anggaran 2019 untuk seluruh kegiatan di Disparpora, hanya Rp 25 juta.

"Kita sadar betul bahwa kebutuhan anggaran di dinas ini sangat besar, salah satunya untuk kegiatan rutin tahunan dan kitapun telah mengusulkannya. Namun menjelang pengesahan APBD, usulan-usulan itu hilang atau tercoret," katanya, Kamis (5/12/2019).

Hal itu terang dia, karena ada kesalahan teknis operator di Disparpora yang tidak mengawal seluruh usulan-usulan program pendanaan dengan baik. Sehingga diakhir proses pembahasan anggaran, tercoret.

"Maklum namanya juga manusia, tim perencanaan dan tim anggaran di staf kami lupa saat breakdown usulan kebutuhan untuk Pasanggiri Moka Sukapura," ujarnya.

 

Baca : Disparpora Gelar Pasanggiri Mojang Jajaka Sukapura

 

Untuk tahun 2020, sebagaimana keinginan Bupati untuk pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Tasikmalaya, dianggarkan dalam APBD sebesar Rp 500 juta.

"Kita maksimalkan anggaran tersebut, salah satunya untuk pemberdayaan Moka-Moka Sukapura dalam dunia bisnis, entertainment dan lainnya. Kita juga akan membuka ruang khusus pembinaan Moka di kantor Disparpora," ucapnya.

Menurutnya, para mantan Moka yang tergabung dalam perkumpulan Moka Sukapura, kini sudah banyak yang berhasil merintis usaha yang akan dikembangkan seiring dengan pembangunan atau pengembangan kawasan geopark Galunggung.

"Moka Sukapura ke depan akan lebih gebyar dan berwarna," kata Safari.*

 

Baca pula : Minim Anggaran, Grand Final Moka Sukapura 2019 Gunakan Gedung DPRD

 


Berita Terkait