Kasus AKI dan AKB DI Kabupaten Tasikmalaya Menurun Drastis

Jum'at, 06 Desember 2019 20:36 D. Farhan Kamil Daerah

Kasus AKI dan AKB DI Kabupaten Tasikmalaya Menurun Drastis

 

 

Koropak.co.id - Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Hamdani, SKM,M.SI, mengatakan, Kesmas merupakan salah satu bidang yang konsen dalam melakukan upaya-upaya preventif dan promotif.

Di bidang Kesmas itu sendiri ada tujuh Standar Pelayanan Masyarakat (SPM) yang salah satunya menjadi indikator capaian kinerja DKPP, yakni Indek Pembangunan Manusia (IPM) melalui usia harapan hidup.

Usia harapan hidup dipengaruhi oleh tingginya jumlah kematian ibu, bayi, balita dan kematian kasar. "Inilah salah satu bidikan penting dalam rapat koordinasi teknis (rakortek) bidang kesehatan masyarakat dalam rangka evaluasi kinerja pelaksanaan program-program selama tahun 2019," katanya, Kamis (5/12/2019).

Menurutnya, dari tahun ke tahun angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi/balita (AKB), mengalami penurunan jumlah kasus yang signifikan. Untuk AKB sejak tahun 2012 mencapai angka 60 kasus, di tahun 2018 turun menjadi 28 kasus dan tahun 2019 ini di angka 19. Sedangkan untuk AKI, sejak tahun 2012 mencapai 406 kasus, kemudian turun di tahun 2018 menjadi 260 kasus dan pada tahun ini tercatat hingga bulan Nopember sebanyak 153 kasus.

Ditambahkan, rakortek juga bertujuan untuk mengkoordinasikan seluruh puskesmas yang ada dengan DKPP, mensinergikan kegiatan-kegiatan yang ada serta untuk persiapan rencana kegiatan tahun 2020.

"Kunci layanan di masyarakat, ada di tangan teman-teman Kesmas. Sebagaimana diketahui bahwa di bidang Kesmas itu kesehatan ibu dan anak, dimana saat ini ada 800 bidan koordinator yang siap memberikan layanan terbaik," ucapnya.

Di bidang Kesmas ini juga ada tenaga sanitarian atau nutrisionis yang berperan besar dalam peningkatan gizi masyarakat. "Sinergitas semua elemen di kesehatan menjadi satu keniscayaan untuk mewujudkan Kabupaten Tasikmalaya sehat dan juara," ujarnya. *


Berita Terkait