Pecat Bos Garuda, Menteri BUMN Erick Thohir Kembali Jadi Sorotan

Sabtu, 07 Desember 2019 16:42 Eris Kuswara Nasional

Pecat Bos Garuda, Menteri BUMN Erick Thohir Kembali Jadi Sorotan

 

Koropak.co.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kembali menjadi sorotan publik. Pasalnya, sejak kepemimpinannya, dia terus membongkar pasang bos-bos BUMN. Padahal, Pendiri Mahaka Media ini belum genap 2 bulan dilantik oleh Presiden Joko Widodo.

Terhitung Erick mulai menjadi Menteri BUMN sejak Rabu (23/10/2019) lalu dengan menggantikan menteri sebelumnya, Rini Soemarno. Namun sejak kepemimpinannya, tercatat Erick telah melakukan beberapa gebrakan dengan cepat, akan tetapi keputusannya juga turut memicu pro dan kontra.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, Jumat (6/12/2019), Bos BUMN pertama yang dipecat oleh Erick yaitu Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara. Hal itu disampaikan setelah Erick menemukan hasil investigasi berupa penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton di pesawat baru Garuda Airbus A330-900 yang dikirim langsung dari Toulouse, Prancis.

"Mulai hari ini saya memberhentikan Direktur Utama Garuda Indonesia," kata Erick Thohir, Kamis (5/12/2019).

 

Koropak.co.id - Menteri BUMN, Erick Thohir Kembali Jadi Sorotan (2)

 

Baca : Bertemu Erick Thohir, Ahok Jadi Bos BUMN?

Berdasarkan hasil investigasi dari Komite Audit Garuda, motor Harley Davidson tersebut adalah milik AA yang telah memberikan instruksi kepada bawahannya untuk mencari Harley Davidson Softail Head 1970-an berjenis motor klasik.

Sementara itu, instruksi tersebut disampaikannya pada 2018 lalu, sedangkan untuk pembeliannya dilakukan pada April 2019 lalu. Dana yang dipakai untuk pembeliannya sendiri ditransfer langsung ke rekening pribadi bagian keuangan Garuda di Amsterdam.*

 

Baca : Jadi Komisari Utama PT Pertamina, Ahok Ditentang Serikat Pekerja