Sebanyak 45 Jawara Puisi Indonesia Unjuk Gigi di Tasikmalaya

Rabu, 11 Desember 2019 19:07 Erni Nur'aeni Daerah

Sebanyak 45 Jawara Puisi Indonesia Unjuk Gigi di Tasikmalaya


Koropak.co.id - Sebanyak 45 jawara puisi dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Lomba Baca Puisi Antarmaster Nasional yang dihelat oleh Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) di Gedung Kota Tasikmalaya, Rabu (11/12/2019).

Kepada Koropak, Ketua DKKT Bode Riswandi mengatakan Lomba Baca Puisi tersebut merupakan konsep baru dalam kompetisi membaca sebuah puisi yang dibawakan oleh para master yang telah menjuarai perlombaan baca puisi, baik juara 1, 2 maupun 3 yang menjadi syarat mengikuti lomba tersebut.

"Lomba ini digelar untuk para master. Guna menghasilkan juara dari para jawara, penilaian pun sangat ketat. Melalui lomba ini, kita ingin adanya identitas baru, seorang maestro puisi dari kalangan para jawara sajak se-Nusantara," katanya.

Mengingat diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia, kata Bode, efek domino yang dihasilkan dari Lomba Baca Puisi tersebut sangat luar biasa bagi pertumbuhan Kota Tasikmalaya, termasuk dalam tumbuhnya berbagai sektor pendukung pariwisata mulai dari sarana transportasi, penginapan hingga kuliner, sehingga akan meningkatkan ekonomi masyarakat.

 

Koropak.co.id - Sebanyak 45 Jawara Puisi Indonesia Unjuk Gigi di Tasikmalaya (2)

 

Baca : Dewan Kesenian Siap Gelar Lomba Baca Puisi Antarmaster

Bode menambahkan, Lomba Baca Puisi akan dilaksanakan 2 tahun sekali mengingat piala yang diperebutkan para peserta merupakan piala bergilir. Diharapkan, dengan keberagaman ciri khas para peserta, akan menambah semarak warna dalam dunia seni baca puisi, yang tentunya akan menjadi satu vitamin baru bagi para pembaca puisi di Kota Tasikmalaya.

"Juri yang kita ambil berasal dari luar Jawa Barat guna menjaga netralitas penilaian," kata Bode.

Bode berharap, dari Lomba Baca Puisi tersebut memunculkan para penyair yang dapat menjadi sebuah spirit life mereka untuk menggeluti dunia baca puisi.

"Dalam perlombaan ini, para peserta diberikan antologi puisi dari 13 penyair seperti Acep Zamzam Noor, Bode Riswandi, Afrizal Malna, Asa Jatniko, Binhad Nurrohmat, Dorothea Rosa Herliani, Hamdy Salad, Iswadi Pratama, Joko Pinurbo, Nazarudin Azhar, Oka Rusmini, Ratna Ayu Budhiarti, Tia Setiadi, hingga Wiji Thukul.*

 

Baca pula : Lomba Baca Puisi Antarmaster Jaring Juara Dari Para Jawara

 


Berita Terkait