Kali Ke-7, Kota Tasikmalaya Raih Penghargaan Kota Peduli HAM

Rabu, 11 Desember 2019 20:22 Dede Hadiyana Daerah

Kali Ke-7, Kota Tasikmalaya Raih Penghargaan Kota Peduli HAM


Koropak.co.id - Kota Tasikmalaya meraih penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia dalam Malam Penganugerahan pada peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) se-dunia ke-71 yang berlangsung di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika Nomor 65 Braga Kota Bandung, Selasa (10/12/2019).

Untuk ke tujuh kalinya, Kota Tasikmalaya meraih penghargaan tersebut secara berturut-turut sejak tahun 2012 hingga tahun 2019 dalam peringatan Hari HAM yang digelar oleh Kementerian Hukum dan HAM RI.

Kota Peduli HAM merupakan suatu prestasi atau penghargaan bagi kota dan kabupaten, termasuk Kota Tasikmalaya yang telah memenuhi 83 indikator penilaian terkait HAM seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI nomor 34 Tahun 2016 tentang kriteria daerah Kabupaten Kota Peduli HAM.

 

Koropak.co.id - Kali Ke-7, Kota Tasikmalaya Raih Penghargaan Kota Peduli HAM (2)

 

Baca : Pelajar Asal Tasikmalaya Jadi Duta Hukum dan HAM Jawa Barat

Dikonfirmasi Koropak, Rabu (11/12/2019) Walikota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman menyampaikan apresiasi atas peran serta seluruh pihak yang telah mendukung terkait program HAM di Kota Tasikmalaya hingga mendapatkan kembali penghargaan Kota Peduli HAM.

"Alhamdulillah, kita kembali mendapatkan penghargaan sebagai Kota Peduli HAM selama tujuh tahun berturut-turut. Tujuh kali mendapatkan penghargaan menandakan bahwa kita konsisten menjaga hak-hak dasar masyarakat. Selain itu, saya juga mengapresiasi kepada seluruh tim yang sudah bekerja maksimal sehingga Kota Tasikmalaya dapat menerima penghargaan ini," ujarnya.

Dalam acara tersebut, penghargaan diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) HAM Mualimin Abdi yang diterima langsung oleh Walikota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman bersama kepala daerah dari Kabupaten dan Kota lainnya.

"Penghargaan ini harus dapat dijadikan motivasi bagi seluruh Pokja RanHam untuk selalu melakukan perbaikan dan monitoring dilapangan, karena kita sadari bahwa pemenuhan hak asasi masih belum sepenuhnya maksimal secara luas di wilayah Kota Tasikmalaya," kata Walikota.*

 

Baca pula : Spirit Perhatian Bagi Penyandang Disabilitas di Kota Tasikmalaya