LBP Antar-Master Se-Indonesia Menjadi Tolok Ukur Nilai Sastra

Kamis, 12 Desember 2019 19:52 Erni Nur'aeni Daerah

LBP Antar-Master Se-Indonesia Menjadi Tolok Ukur Nilai Sastra


Koropak.co.id - Lomba Baca Puisi Antarmaster yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya oleh Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) diikuti oleh 45 peserta dari berbagai daerah se- Indonesia, mulai Rabu (11/12/2019) dan berakhir Kamis (12/12/2019).

Lomba yang menjadi ajang adu talenta jawara syair se-Indonesia tersebut berhasil melahirkan tiga juara. Yakni Juara I Ahmad Benyamin dari Pontianak, Juara II Nurmutiara Lintang Sari dari Sidoarjo, dan Edeng Syamsul Maarif dari Cirebon.

Dijumpai Koropak selepas pengumuman pemenang, Kepala Bidang Budaya Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya, Endang RS mengatakan LBP merupakan ide cemerlang dari DKKT sebagai upaya untuk membangkitkan semangat para maestro puisi untuk berkarya dan berekspresi.

"Ajang ini merupakan kali pertama di Indonesia. Sudah seyogianya jika LBP menjadi salah satu tolok ukur nilai-nilai sastra, agar dapat dikenal, diketahui, dan dipahami para generasi muda," tuturnya.

 

Koropak.co.id - LBP Antar-Master Se-Indonesia Menjadi Tolok Ukur Nilai Sastra (2)

 


Baca : Asah Talenta Jadi Motivasi Ahmad Benyamin Ikuti Lomba Baca Puisi

Endang berharap LBP dapat menjadi spirit generasi muda untuk berkembang dengan berkarya. Melalui LBP, ke depan nilai pokok pemikiran kebudayaan akan semakin kuat.

Endang juga berharap dengan adanya LBP dapat memberikan dampak baik bagi para seniman sastra di Kota Tasikmalaya untuk menumbuhkan motivasi dalam berkarya.

"Setelah kegiatan ini diharapkan adanya master puisi yang dihadirkan dalam kegiatan lomba baca puisi di tingkat sekolah dan dapat membagikan wawasan serta pengalaman dalam bersyair," katanya.*

 

Baca Juga : Kompetisi Talenta Para Master Puisi Tanah Air Jangan Sampai Hilang

 


Berita Terkait