Bersiap! Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi Pada 26 Desember 2019

Jum'at, 13 Desember 2019 23:04 Dede Hadiyana Nasional

Bersiap! Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi Pada 26 Desember 2019


Koropak.co.id - Gerhana Matahari merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga cahaya tersebut tidak seluruhnya sampai ke bumi.

Dihimpun Koropak, Jumat (13/12/2019) Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Raden Inten II Bandar Lampung, tepat pada 26 Desember 2019 mendatang akan terjadi peristiwa Gerhana Matahari Cincin.

Peristiwa tersebut terjadi di mana matahari, bulan, dan bumi berada tepat satu garis. Pada saat itu pula piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari. Akibatnya, pada puncak gerhana terjadi matahari akan tampak seperti cincin yakni gelap di bagian tengah dan terang pada bagian sisi.

 

Koropak.co.id - Bersiap! Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi Pada 26 Desember 2019 (2)

 

Beberapa wilayah yang akan terlewati jalur Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember 2019 mendatang adalah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, Samudra India, Samudra Pasifik, Singapura, Malaysia, termasuk Indonesia.

Untuk mengamati Gerhana Matahari Cincin ini, dapat dilihat di salah satu tempat terbaik yakni di Kampung Bunsur Kabupaten Siak, Riau. Sedangkan untuk Gerhana Matahari Sebagian dapat dilihat di seluruh wilayah Indonesia apabila cuacanya cerah.*

 

Baca : Indonesia Kembali Akan Disinggahi Gerhana Bulan

 


Berita Terkait