Tak Hadir Di Ruangan, Raker Komisi I Ditunda

Senin, 16 Desember 2019 22:31 D. Farhan Kamil Parlemen

Tak Hadir Di Ruangan, Raker Komisi I Ditunda

 

Koropak.co.id - Tak ingin sia-sia, rapat kerja (raker) Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tasikmalaya, batal digelar. Pihak Komisi I memilih menunda raker tersebut, dan menunggu hingga Kepala BKPSDM, Dr. H. Mohammad Zen sembuh dari sakitnya.

Raker dengan agenda konfirmasi dan klarifikasi permasalahan open biding pejabat tinggi pratama itu, sedianya dimulai jam 9.00 di ruang rapat Komisi I. Tetapi hingga jam 10.00 raker belum juga digelar meskipun Sekretaris BKPSDM, T Kusnandar didampingi salah seorang kasi, hadir di ruangan.

"Sesuai kesepakatan bersama di Komisi, raker dapat dilaksanakan jika kepala OPD sebagai pemangku kebijakan hadir dan menjawab seluruh persoalan yang muncul menyusul proses seleksi pejabat tinggi pratama secara terbuka beberapa hari lalu," kata Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H. Demi Hamzah Rahadian, SH., MH, Senin (16/12/2019).

Komisi I butuh jawaban serta alasan yang jelas dan gamblang dari pemangku kebijakan di BKPSDM. Sehingga kehadiran kepala OPD tersebut mutlak hadir. "Raker ini tak ingin sia-sia. Maka kita tunda dan diagendakan ulang. Saat ini kita doakan saja beliau agar lekas sembuh dari sakitnya, aamiiin," ucap Demi.

Ditegaskan, bahwa pelaksanaan open bidding telah usai, bahkan panitia seleksi sudah mengeluarkan tiga nama untuk ditempatkan di sembilan jabatan, pada tanggal 25 Nopember 2019 lalu.

 

Koropak.co.id - Tak Hadir Di Ruangan, Raker Komisi I Ditunda (1)

 

Baca : Inilah Nama-Nama Calon Sekda Kabupaten Tasikmalaya

Persoalannya kemudian adalah, sesuai jadwal tahapan open bidding, pelantikan sembilan pejabat tinggi pratama tersebut seharusnya sudah dilakukan pada tanggal 27 Nopember 2019. Namun hingga kini pelantikan orang-orang terpilih itupun tak kunjung dilakukan oleh Bupati.

"Ini yang kami pertanyakan. Apa alasan mendasar sehingga pengisian jabatan Sekda dan dinas-dinas belum juga dilaksanakan. Dalam urusan ini kita sama sekali tidak dilibatkan, minimal ada informasi ke Komisi I sebagai mitra kerja. Ada apa ini dan kenapa? Pemerintah daerah ini serius tidak? mau sampai kapan sejumlah urusan pemerintahan ini mandeg gara-gara OPD nya tak memiliki komandan hingga berdampak kepada tingkat penyerapan anggaran yang seharusnya dirasakan manfaatnya oleh rakyat," tuturnya.


Baca : BKPSDM Serukan ASN di Kabupaten Tasikmalaya Ikut Seleksi

Persoalan lain yang butuh jawaban segera dari pihak BKPSDM adalah, adanya dugaan salah seorang peserta non pejabat struktural yang lolos dan masuk ke tiga besar.

Padahal prasyarat peserta open bidding itu adalah pejabat struktural yang minimal telah menempati dua tahun di jabatan tersebut. "Ini butuh kejelasan. Maka hari ini kita undang pa Kaban. Sayangnya beliau tidak dapat hadir karena sakit," kata Anggota Komisi I, Doni Muhammad Hamdani.

Sementara itu, Sekretaris BKPSDM, T Kusnandar mengatakan, Pa Kaban sedang dalam kondisi sakit sehingga tidak bisa menghadiri rapat. "Pa Kaban sakit, dan menugaskan kami berdua," ujarnya singkat.*

 

Baca pula : Menyoal Deposito APBD di Bank, BJB Bakal Diundang Ke Dewan