Sejumlah Anak Ular Kobra Berkeliaran Di Permukiman Warga

Selasa, 17 Desember 2019 07:37 D. Farhan Kamil Daerah

Sejumlah Anak Ular Kobra Berkeliaran Di Permukiman Warga

 

Koropak.co.id - Warga Perum Tata Lestari Cikadongdong Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat, digegerkan dengan ditemukannya sejumlah anak ular kobra hitam yang masuk ke saluran air, halaman dan rumah penduduk hingga kamar kecil, Senin (16/12/2019).

Selain membuat resah, warga mulai khawatir dengan keberadaan binatang melata berbisa ini menyebar luas dan masuk ke ruang-ruang inti keluarga. Walau ukuranya kecil seukuran jari orang dewasa dengan panjang antara 20 sampai dengan 30 centi meter, namun warga menengarai, bisa ular kobra ini dapat mematikan manusia. Dan warga menduga jika induk ular berada tidak jauh dari lokasi perum yang di belakangnya terdapat hamparan sawah dan sungai.

Dengan menggunakan kayu dan bambu, warga beramai-ramai menangkap ular-ular tersebut dan memasukannya ke dalam botol kemasan air mineral.

"Hari ini saya dan warga sudah menangkap beberapa ular, bahkan ada beberapa ular dibunuh oleh warga. Kalau sama saya cukup ditangkap kemudian dibuang jauh-jauh," turur salah seorang warga, Ade.

 

Koropak.co.id - Sejumlah Anak Ular Kobra Berkeliaran Di Permukiman Warga (2)

 

Sementara itu, Ketua RW Perumahan Tata Lestari Dedi Z. Muttaqin mengaku sepekan terakhir sepuluh ular kobra berhasil diamankan warga. Kebanyakannya dibunuh dengan cara dipukul menggunakan bambu atau kayu. Sebagian lagi ditangkap hidup-hidup oleh warga yang tahu cara menangkap ular.

"Hari ini ada lima ekor ular kobra ditangkap, empat dibuang warga setelah dipukul, yang ada satu lagi ini ditangkap dan dimasukkan ke dalam botol," terang Dedi.

Untuk ke depan tambah Dedi, pihaknya akan berkoordinasi dengan BPBD dan Damkar jika ditemukan ular kobra induk. "Kami berencana menghubungi BPBD dan petugas Damkar kalau ada induk kobra, kita khawatir di sini banyak anak kecil. Khawatir anak yang lagi bermain kena gigit," ujarnya.

Sementara itu pengurus RT setempat, Hasan menghimbau agar warga tetap waspada dan segera melaporkan jika menemukan ular sejenis, ke pengurus RT atau RW setempat.*

 

Baca : Teror Anak Ular Kobra di Sejumlah Daerah Buat Warga Resah 


Berita Terkait