Fraksi PDIP DPR RI Soroti Penyaluran PKH dan Gas LPG Bersubsidi

Sabtu, 21 Desember 2019 21:21 D. Farhan Kamil Nasional

Fraksi PDIP DPR RI Soroti Penyaluran PKH dan Gas LPG Bersubsidi

 

Koropak.co.id - Anggota Komis VII DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan H. Dony Maryadi Oekon, mengajak masyarakat yang merasa dirinya sudah memiliki kemampuan secara ekonomi, agar menolak seluruh program pemerintah yang sedianya diperuntukkan bagi warga tidak mampu/miskin.

"Saya prihatin ketika menemukan sejumlah warga yang sudah berkemampuan secara ekonomi, namun masih tetap menikmati program bantuan pemerintah untuk warga miskin salah satunya adalah PKH. Saya mengajak masyarakat yang sudah mampu khususnya di Jawa Barat , agar dengan kesadaran sendiri menyerahkan PKH kepada penerima yang seharusnya," kata Doni, seusai melaksanakan reses perorangan di gedung PGRI Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (21/12/2019).

Fraksi PDI Perjuangan DPR RI terang Dony, tengah memperjuangkan agar seluruh program-program bantuan langsung pemerintah untuk penanggulangan masalah kemiskinan, betul-betul diterima dan diserap oleh masyarakat yang seharusnya alias tepat sasaran.

"Menteri Sosial RI hari ini adalah kader PDI Perjuangan, maka kita dari fraksi mendorong menteri untuk mengakaji ulang validitas data calon penerima bantuan kemiskinan dan membenahinya agar bantuan langsung mengenai masyarakat sasaran. Hal ini pula yang menjadi prioritas kami di Fraksi PDI Perjuangan DPR RI untuk satu tahun ke depan dan harus selesai," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Fraksi PDIP DPR RI Soroti Penyaluran PKH dan Gas LPG Bersubsidi (1)

 

Prioritas kedua terang Dony, adalah soal kebutuhan energi masyarakat terkait distribusi gas LPG 3kg bersubsidi. Dony mengaku sering mendengar masyarakat menjerit karena gas langka. Padahal jumlah distribusi gas bersubsidi dari Pertamina ini sudah disesuaikan dengan jumlah warga kurang mampu di Indonesia.

"Namun persoalan kemudian adalah bahwa yang menjadi basis data kemiskinan hari ini adalah data BPS yang sudah lama. Artinya tidak sedikit sasaran pengguna dari gas bersubsidi ini tidak tepat," tuturnya.

Pertamina lanjut dia, merupakan mitra kerja Komisi VII DPR RI, didorong untuk turut membangun kesadaran masyarakat yang berkemampuan secara ekonomi, memberikan kesempatan bagi warga yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi, lebih dapat menikmati dan merasakan manfaat dari gas LPG 3kg.

"Terutama agar para pelaku usaha kecil menengah lebih berkesampatan dan mudah memikmati gas bersubsidi . Kami dari Komisi VII mengimbau masyarakat yang mampu untuk tidak membeli gas LPG 3kg. Di samping itu juga, kami terus berkoordinasi dengan pertamina untuk membenahi regulasi," kata Dony.*


Baca : PDI Perjuangan Dukung Penuh Ade Sugianto Untuk Maju