Pilkada Memilih Kepala Daerah, Bukan Memilih Pemimpin Agama

Rabu, 25 Desember 2019 00:51 D. Farhan Kamil Pilkada

Pilkada Memilih Kepala Daerah, Bukan Memilih Pemimpin Agama

 

Koropak.co.id - Anggota Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Divisi Hukum, Data dan Informasi, Mohammad abduh, S.Si mengatakan, remaja/pemuda sebagai pemilih pemula berada pada posisi rentan terpengaruh oleh politik identitas. Dimana pemilu kerap dikait-kaitkan dengan persoalan perbedaan agama.

"Pilkada itu untuk memilih kepala daerah dan wakilnya. Bukan untuk memilih pemimpin agama. Pilkada itu untuk semua masyarakat dari berbagai kalangan dan lintas agama dalam bingkai NKRI. Bawaslu mengajak kepada masyarakat khususnya kalangan mahasiswa sebagai pemiih pemula, agar tidak terhasut oleh politik identitas," kata Abduh, di hadapan ratusan pemuda lintas agama di Kabupaten Tasikmalaya, dalam acara refleksi dan evaluasi pengawasan partisipatif bagi pemuda lintas agama di Hotel Grand Metro Tasikmalaya, Selasa (24/12/2019).

 

Koropak.co.id - Pilkada Memilih Kepala Daerah, Bukan Memilih Pemimpin Agama (2)

 
Baca : Himpunan Mahasiswa Islam Tasikmalaya Gelar Seminar Nasional

Di samping itu kata Abduh, pengawasan partisipatif itu tidak hanya berlaku bagi golongan atau penganut agama tertentu.

"Perhelatan Pilkada nanti itu untuk semua. Tidak ada perbedaan salah satu agama. Maka diharapkan semua elemen masyarkat dari agama apapun aktif melakukan proses pengawasan pemilu serta berani melaporkan berbagai pelanggaran pemilu baik pidana ataupun administrasi ke Bawaslu atau ke tingkat pengawasan di bawahnya," tuturnya.


Baca : Komisioner Bawaslu RI Harapkan Mahasiswa Paham Tugas dan Fungsi Bawaslu

Meskipun lanjut Abduh, di Kabupaten Tasikmalaya ini belum ditemukan ada permasalahan yang berkaitan langsung dengan persoalan agama. Hal itu salah satunya ditunjang oleh sinergitas para pemangku agama di Kabupaten Tasikmalaya termasuk kelompok-kelompok agama yang ada.

"Tidak pernah ada gesekan apalagi friksi antara kaum minoritas dengan mayoritas umat Islam di Kabupaten Tasikmalaya gara-gara pemilu. Ini harus tetap dijaga oleh semua pihak," ucapnya.*


Baca pula : Kehormatan Bawaslu Ditunjang Oleh Kinerja dan Integritas Paswascam

 


Berita Terkait