Akhirnya, Pemkab Tasikmalaya Memiliki Sekda Definitif

Jum'at, 27 Desember 2019 19:59 D. Farhan Kamil Daerah

Akhirnya, Pemkab Tasikmalaya Memiliki Sekda Definitif


Koropak.co.id - Setelah hampir satu tahun lebih dipimpin oleh pelaksana harian (Plh)/penjabat (Pj) Sekda pasca ditinggal oleh H. Abdul Kodir, kini eksekutif di lingkungan Pemkab Tasikmalaya kembali dipimpin Sekda definitif yakni DR. H. Mohammad Zen.

Hal itu dipertegas setelah Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto melantik dan mengambil sumpah DR Mohammad Zen sebagai Sekda dan lima pejabat pimpinan tinggi pratama (PTP) lainnya, di Gedung Pendopo Baru Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (27/12/2019).

Kelima pejabat PTP tersebut antara lain, dr Heru Suharto, MM.Kes sebagai Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP), Drs. Asep Darisman, MM sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Drs. Rudi Sonjaya Saehuri, M.Pd sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Kemudian Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan dan Hukum H. Agus Bahtiar, SE dan Kepala Satuan Polisi Pamongpraja (Satpol PP), Iwan Ridwan, S.IP.

Bupati menyebutkan, kehadiran Sekda definitif dengan tanggung jawab serta tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang sudah jelas, maka diharapkan organisasi pemerintahan kabupaten ini berjalan lebih maksimal.

"Apa yang kurang atau lambat pada hari-hari sebelumnya, segera diperbaiki mulai hari ini. Kehadiran Sekda baru tentu saja menjadi energi baru dan sebuah kekuatan pemerintah untuk memperbaiki setiap bolong, menutup celah buruk dan meluruskan bengkok yang terjadi di birokrasi dalam menjalankan tanggung jawab dan tupoksinya sebagai aparatur pemerintah, abdi negara, pemerintah dan masyarakat," kata Ade.

Sekda, ucap Bupati, lebih kepada pimpinan pemerintahan menyangkut kepada hal-hal teknis. Sekda merupakan penanggung jawab program, aset dan keuangan. Dengan kata lain, kebijakan publik yang dibangun oleh bupati dan DPRD, dapat dijalankan secara maksimal dengan memperhitungkan efektifitas dan manfaat program.

"Sekda lebih bisa melakukan ke arah itu," ucapnya.

 

 

Koropak.co.id - Akhirnya, Pemkab Tasikmalaya Memiliki Sekda Definitif


Sementara itu Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Mohammad Zen menyebutkan, langkah awal yang akan dilakukan adalah turun ke bawah dan masuk ke ruang-ruang yang sebelumnya belum diketahui di lingkup Setda, baik di jajaran asisten maupun para kepala bagian dan jajaran di bawahnya.

"Saya akan masuk kepada semua. Artinya saya tidak ingin sekedar jadi penonton. Saya harus tahu persis dan memastikan bahwa semua aspek dan sistem pemerintahan betul-betul bisa dilaksanakan dengan baik. Karena tanpa sebuah pemahaman yang utuh, maka chemistry-nya susah ketemu," terang Zen.

Ditambahkan, memimpin itu seni. Tentunya selaku Sekda, dirinya akan terus berupaya membangun sistem yang hebat agar semua dapat bekerja sama dan sama-sama bekerja. Ia pastikan bahwa dirinya akan turun ke lapangan.

"Apa yang akan saya bangun adalah sistem, bukan orang. Sebab orang akan berganrti," ucapnya.*