Sebanyak 39 Kepala Sekretariat Panwascam di Kabupaten Tasikmalaya Dilantik

Sabtu, 28 Desember 2019 20:30 D. Farhan Kamil Pilkada

Sebanyak 39 Kepala Sekretariat Panwascam di Kabupaten Tasikmalaya Dilantik

 

Koropak.co.id - Menyusul pelantikan 117 anggota Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Tasikmalaya pada Selasa (23/12/2019) lalu, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya melantik 39 Kepala Sekretariat (Kasek) Panwascam, di Hotel Grand Metro, Sabtu (28/12/2019).

Seluruh Kasek yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) ini, akan ditempatkan di masing-masing Panwascam di 39 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya.

Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, H. Dede Hendayana, S.STP mengatakan, seiring dengan perubahan aturan tentang pemilu, setelah dilantik para kasek ini diberikan bimbingan teknis (binteks) dan pengarahan.

"Bintek ini dilakukan sekaligus dengan melibatkan seluruh anggota Panwascam untuk selama dua hari ke depan. Kita memberikan pemahaman tentang orientasi tugas, dalam rangka pengawasan Pilkada serentak 2020. Kita juga memperkuat soal tugas-tugas Kasek dalam fasilitasi Panwascam,” katanya.

 

Koropak.co.id - Sebanyak 39 Kepala Sekretariat Panwascam di Kabupaten Tasikmalaya Dilantik

 

Baca : Sangat Minim! Anggaran Pilkades di Kabupaten Tasikmalaya Dipukul Rata

Menurutnya, dalam pengawasan Pilkada 2020 nanti, ada sedikit perbedaan antara aturan atau perundang-undangan yang digunakan pada Pileg dan Pilpres 2019 lalu.

“Di Pilkada serentak nanti, Undang-Undang yang digunakan adalah UU nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah. Sedangkan dalam Pileg dan Pilpres, adalah UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Artinya perlu penyesuaian tugas pengawasan terutama dalam hal penindakan,” jelas dia.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Juanda, SP mengatakan, tugas kepala sekretariat panwascam ini untuk memfasilitasi dan mendukung kerja-kerja pengawasan Panwascam di 39 kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

"Kami berharap, melalui bintek ini teman-teman Panwascam lebih mengenal dan memahami aturan-aturan pemilu dan tupoksi masing-masing dalam rangka pengawasan Pilkada nanti. Demikian pula para Kasek memahami tugas-tugasnya secara utuh terkait fasilitasi kerja Panwascam," ujarnya seraya menyebutkan, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu.*

 

Baca : Kehormatan Bawaslu Ditunjang Oleh Kinerja dan Integritas Panwascam