Kilas Balik Seni Budaya di Kota Tasikmalaya Sepanjang 2019

Minggu, 29 Desember 2019 16:33 Erni Nur'aeni Daerah

Kilas Balik Seni Budaya di Kota Tasikmalaya Sepanjang 2019


Koropak.co.id - Kebudayaan merupakan salah satu potensi yang mesti dipertahankan mengingat kebudayaan merupakan identitas dari sebuah bangsa. Di sepanjang tahun 2019, banyak kegiatan seni budaya yang digelar di Kota Tasikmalaya, yang cukup menyita perhatian masyarakat, bahkan dunia.

Berikut Koropak telah menyiapkan 3 ulasan kegiatan kebudayaan di Kota Tasikmalaya sepanjang tahun 2019 yang menjadi sejarah kesenian dan membuat kagum masyarakat, serta menjadi perhatian kota-kota lain.

1. TOF, Dari Tasikmalaya Untuk Dunia
Tasikmalaya Oktober Festival (TOF) merupakan agenda rutin Kota Tasikmalaya yang digelar dalam menyambut Hari Jadi Kota Tasikmalaya. Dalam TOF 2019 yang berpuncak pada 17 Oktober 2019, digelar beragam suguhan kesenian hingga pameran kreatif UMKM.

Dalam puncak kegiatan TOF, digelar karnaval budaya yang mengangkat tema "Pesona Payung Geulis". Karnaval budaya juga menampilkan segenap potensi yang dimiliki Kota Tasikmalaya sebagai ajang promosi keunggulan Kota Tasikmalaya kepada dunia. Selain karnaval budaya, digelar pula pameran kreatif yang memamerkan makanan olahan sampai produk industri kreatif Kota Tasikmalaya.

 

Lihat : Tumpah Ruah Antusias Warga Warnai Karnaval Budaya TOF 2019

 

Koropak.co.id - Kilas Balik Seni Budaya di Kota Tasikmalaya Sepanjang 2019 (3)

 

2. Kibar Budaya Jilid 5, Miniatur Budaya Nusantara
Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya memiliki agenda rutin bertajuk Kibar Budaya, sebagai upaya untuk mengenalkan seni budaya Kota Tasikmalaya kepada masyarakat. Tujuannya guna menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap kesenian lokal.

Dengan slogan "Kibar Budaya! Pruuuung Ahhhh!!" serangkaian kegiatan digelar sedemikian apiknya mulai menjadikan Kibar Budaya memiliki tempat tersendiri bagi para apresiator dari berbagai kalangan. Dalam kegiatan tersebut tidak hanya mengenalkan kesenian lokal, namun juga mengikutsertakan kebudayaan dari Sabang sampai Merauke.


Lihat : Atraksi Seni Budaya Nusantara Lewat Kibar Budaya Jilid 5

 

Koropak.co.id - Kilas Balik Seni Budaya di Kota Tasikmalaya Sepanjang 2019 (2)

 

3. Lomba Baca Puisi Antarmaster
Usai sukses melaksanakan Kibar Budaya Jilid 5, Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya memiliki agenda akbar lainnya yakni Lomba Baca Puisi Antarmaster se-Indonesia yang dilaksanakan pada 16-17 Desember 2019.

Jika pada biasanya perlombaan baca puisi digelar untuk kalangan pelajar, namun berbeda dengan Lomba Baca Puisi Antarmaster. Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya mempertemukan para master puisi se-Indonesia untuk mencari terbaik dari yang terbaik. Diagendakan, Lomba Baca Puisi Antarmaster ini akan menjadi event rutin yang digelar setiap dua tahun sekali.*

 

Baca pula : Lomba Baca Puisi Jadi Jadi Ajang Promosi Kota Tasikmalaya

 


Berita Terkait