Duka di Awal Tahun Baru 2020, Jabodetabek Dikepung Banjir

Rabu, 01 Januari 2020 19:48 Dede Hadiyana Nasional

Duka di Awal Tahun Baru 2020, Jabodetabek Dikepung Banjir


Koropak.co.id - Mengawali tahun baru 2020, sebagian besar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dikepung banjir setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi selama 12 jam tanpa henti yang terjadi pada Selasa (31/12/2019).

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Koropak, dari laporan peringatan dini prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelumnya, diperkirakan wilayah tersebut turun hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi pada pengujung tahun sampai awal tahun.

Sementara itu, berdasarkan Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatinkom) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dikumpulkan dan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta dari berbagai sumber dinas terkait, sebaran wilayah dan rentetan periode kejadian banjir di Jabodetabek pada awal tahun baru 2020 meliputi Bekasi sejak pukul 03.00 WIB dini hari, Bogor pukul 04.25 WIB, Jakarta 06.00 WIB, dan Tangerang 03.00 WIB dini hari.

 

Baca : Kilas Balik Bencana Alam di Tahun 2019 Sebanyak Kejadian


Dalam keterangan resminya, Rabu (1/1/2020) Kepala Pusdatinkom Kebencanaan BNPB Agus Wibowo mengatakan BMKG memprediksi hujan lebat masih akan terjadi hingga Rabu (1/1/2020) malam hari di wilayah Jabodetabek.

"Diharapkan kepada warga untuk siaga dan bersiap-siap menghadapi kemungkinan banjir yang akan datang kembali pada sore hari. Selamatkan dokumen penting dan simpan di tempat yang aman atau di Scan dan disimpan di Cloud. Pindahkan barang-barang berharga ketempat aman serta siapkan baterai cadangan untuk berjaga-jaga jika terjadi pemadaman listrik," ujarnya.

Sebelumnya, dilaporkan banjir juga terjadi di beberapa wilayah seperti Labuhan Batu Sumatera Utara, Lahat Sumatera Selatan, Bandung Barat Jawa Barat, hingga ruas jalan tol Cipali tepatnya di KM 136 Indramayu Jawa Barat.*


Baca pula : BNPB Proyeksikan Potensi Bencana Alam di Tahun 2020


Berita Terkait