Total 67 Korban Meninggal, Inilah Data Korban Banjir Jabodetabek

Rabu, 08 Januari 2020 07:40 Eris Kuswara Nasional

Total 67 Korban Meninggal, Inilah Data Korban Banjir Jabodetabek


Koropak.co.id - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri yang dilaksanakan di di Kantor Kemenko PMK Jakarta Pusat, Selasa (7/1/2020). Rapat tersebut dilaksanakan terkait penanganan banjir yang sempat melanda sejumlah wilayah Jabodetabek.

Rapat tersebut dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Mendikbud Nadiem Makarim, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, dan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Polri, TNI, BMKG, Basarnas, hingga perwakilan BPBD terkait.

"Menurut data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebanyak 293 kelurahan dan 74 kecamatan terdampak bencana banjir dan longsor. Bahkan jumlah pengungsi di daerah Jabodetabek mencapai 35.502 pengungsi dengan korban meninggal sebanyak 67 orang. Banjir juga turut menyebabkan kerusakan fasilitas sosial, fasilitas umum dan perumahan penduduk," kata Muhadjir Effendy.

 

Koropak.co.id - Total 67 Korban Meninggal, Inilah Data Korban Banjir Jabodetabek (2)

 

Baca : BNPB Proyeksikan Potensi Bencana Alam Di Tahun 2020

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, Muhadjir juga mengatakan penanganan banjir sendiri telah dilaksanakan sejak 1 Januari 2020 lalu. Tercatat data korban di masing-masing wilayah, untuk jumlah pengungsi hingga saat ini di DKI Jakarta sebanyak 3.685 pengungsi dan korban meninggal dunia sebanyak 16 orang.

"Sementara itu di Jawa Barat tercatat sebanyak 15.400 pengungsi dan 31 orang meninggal dunia, di Banten sebanyak 16.821 pengungsi dan 20 orang meninggal dunia dan 1 orang hilang atau belum ditemukan," ucapnya.

Ditambahkan Muhadjir, banyak infrastruktur yang mengalami kerusakan akibat dari bencana banjir dan Kabupaten Lebak menjadi wilayah dengan kerusakan infrastruktur terparah dibandingkan dengan daerah lainnya.

"Dampak banjir di Kabupaten Lebak cukup parah hingga merubah struktur sungai di sana. Ada 900 rumah, 2 sekolah dasar dan SMP yang ikut hanyut akibat banjir. Tercatat hingga saat ini, sebanyak 12 Kabupaten-Kota telah menetapkan status siaga bencana yaitu di Provinsi Jawa Barat dan Banten," ujarnya.*

 

Baca pula : Duka Di Awal Tahun Baru 2020, Jabodetabek Dikepung Banjir


Berita Terkait