Miliki Antibodi Kuat, PKL Diyakini Mampu Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Senin, 13 Januari 2020 16:13 Clara Aditia Parlemen

Miliki Antibodi Kuat, PKL Diyakini Mampu Dorong Pertumbuhan Ekonomi

 

Koropak.co.id - Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Andi Warsandi menilai ide gagasan yang disampaikan Perkumpulan Pedagang Masyarakat Tasikmalaya (Pepmatas) terhadap penataan PKL Cihideung dengan usulan dibangunnya Pasar Kuliner Malam (Pakulima) merupakan gagasan yang brilian.

Demikian disampaikan Andi kepada Koropak selepas menerima audiensi Pepmatas di Ruang Rapat Komisi, Senin (13/1/2020).

Dikatakan Andi, melihat respons keberadaan pedagang kreatif lapangan, dilihat dari dua aspek, yakni penataan dan pemberdayaan.

"PKL memiliki antibodi yang kuat terhadap guncangan ekonomi karena mereka merupakan pelaku usaha yang memiliki kemandirian dalam ekonomi, tidak banyak bergantung pada intervensi regulasi dan kebijakan. Kami yakini, PKL akan dapat menjadi salah satu penyumbang terhadap pertumbuhan perekonomian," katanya.

Komisi II, ucap Andi, merespons ide kreasi inovasi Pepmatas, yang sudah seharusnya dikanalisasi. Komisi II akan coba pertemukan ide Pepmatas dengan dinas karena ada konsekuensi yang mesti dibicarakan, baik dari segi anggaran, regulasi, dan lain hal.

"Harus ada langkah progresif dari pemerintah terhadap penataan dan pemberdayaan PKL. Jangan sampai terkesan dibiarkan. Kita akan maksimalkan tugas dan fungsi kita di dewan untuk mendorong pemerintah melakukan langkah konkret ke depan," kata Andi yang juga merupaka Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Tasikmalaya.

 

Koropak.co.id - Miliki Antibodi Kuat, PKL Diyakini Mampu Dorong Pertumbuhan Ekonomi (3)

 


Baca : Kepada Dewan, Pepmatas Gaungkan Karut Marut Penataan PKL Cihideung



Diharapkan, ucap Andi, di tahun 2020, Perda tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL yang sudah masuk dalam prolegda, menjadi dorongan kuat agar pemerintah segera melakukan penataan dan pemberdayaan PKL.

"Kita akan coba kolaborasikan. Perdanya ada, ide penataan dan pemberdayaannya ada, tinggal bagaimana langkah ke depan untuk menindak lanjutinya. Idenya bagus loh, tidak hanya menata, tapi memberdayakan PKL melalui dibangunnya Pakulima yang turut membuat Kota Tasikmalaya memiliki daya tarik wisata tersendiri," katanya.

Ide luar biasa tersebut, ucap Andi, seyogianya harus bisa dikaitkan dengan rencana kerja pemerintah melalui usulan agar masuk ke musrenbang.

"Bicara soal pemanfaatan aset Pemkab Tasikmalaya, memang tadi ada ide membangun Pasar Rakyat Sukapura. Idenya juga cukup bagus, namun tentunya ada hal yang harus dibicarakan lebih jauh. Pimpinan daerah di Pemkab dan Pemkot Tasikmalaya harus bisa bertemu dan membicarakan soal pemanfaatan aset Eks-Pemkab Tasikmalaya.

"Daripada tidak digunakan, kan lebih baik dimanfaatkan untuk sarana kegiatan berbasis ekonomi kerakyatan dengan menampung PKL. Namun ya kembali lagi, pemanfaatan Gedung Eks-Pemkab Tasikmalaya tersebut sangat bergantung dari goodwill antara Pemkab dan Pemkot Tasikmalaya yang seyogianya harus dibicarakan antar kepala daerah," tutur Andi."

 

Baca pula : Tindak Lanjut Usulan Pakulima, Dewan Segera Panggil Dinas Terkait


 


Berita Terkait