Mutu Layanan Puskesmas Mesti Senantiasa Ditingkatkan

Senin, 13 Januari 2020 23:06 Erni Nur'aeni Daerah

Mutu Layanan Puskesmas Mesti Senantiasa Ditingkatkan


Koropak.co.id - Dalam Pembinaan pegawai serta pembahasan kegiatan tahun 2020 yang dilaksanakan di Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Senin (13/1/2020), Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Dr. Uus Supangat mengatakan Dinas Kesehatan diharap senantiasa menjaga dan meningkatkan layanan dari puskesmas-puskesmas serta meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM).

"Dalam perencanaan pembangunan di tahun 2020, Pak Walikota mengharapkan kami di Dinas Kesehatan bisa meningkatkan kinerja komitmen dan integritas dalam mengemban amanah, khususnya di bidang kesehatan. Sebab sebagaimana pesan Beliau, Dinas Kesehatan menjadi salah satu tumpuan indikator dalam indeks pembangunan kesehatan," katanya.

Menghadapi era 4.0, ucap Uus, Walikota Tasikmalaya berpesan untuk meningkatkan kapasitas SDM agar menguasai teknologi dan digitalisasi, terutama dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

Bicara soal kunjungan Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya, Uus menjelaskan bahwa Komisi yang salah satu bidang kerjanya adalah kesehatan tersebut, melaksanakan kunjungan ke Dinas Kesehatan dengan tujuan membangun sinergi dalam program-program berbasis kesehatan. Kemudian membahas percepatan akses masyarakat ke Rumah Sakit tipe C dan D.

"Sementara saat ini pemerintah hanya mempunyai Rumah Sakit tipe B, sedangkan C dan D milik swasta. Namun dari dewan mengupayakan ada solusi dalam permasalahan tersebut," tuturnya.

 

Koropak.co.id - Mutu Layanan Puskesmas Mesti Senantiasa Ditingkatkan (2)

 

Baca : Kenaikan Tarif Iuran BPJS Tingkatkan Mutu Layanan Kesehatan

 

Selanjutnya, berkaitan dengan pembiayaan akses serta mutu layanan yang ingin dimaksimalkan, dijelaskan Uus terdapat pada dari sarana dan prasana yang hingga saat ini terus dilakukan perbaikan seperti di beberapa puskesmas. Bahkan, pada tahun 2020 ini akan dilaksanakan perbaikan sarana dan prasarana Puskesmas Cibeureum serta Tamansari dan untuk tahun 2021 akan dilaksanakan perbaikan sarana dan prasarana Puskesmas Bungursari serta pemenuhan SDM.

Dari perekrutan tenaga kerja, ucap uus, ke depan akan ada pemenuhan apoteker dan perawat, serta melakukan akreditasi di puskesmas-puskesmas yang ada di Kota Tasikmalaya.*

 

Baca pula : Miris! Kota Tasikmalaya Kekurangan Tenaga Pendidik di Tingkat Sekolah Dasar