Tindak Lanjut Usulan Pakulima, Dewan Segera Panggil Dinas Terkait

Selasa, 14 Januari 2020 11:23 Eris Kuswara Parlemen

Tindak Lanjut Usulan Pakulima, Dewan Segera Panggil Dinas Terkait


Koropak.co.id - Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Ir. Tjahja Wandawa menilai usulan Perkumpulan Pedagang Masyarakat Tasikmalaya (Pepmatas) tentang pembangunan Pasar Kuliner Malam (Pakulima) dalam upaya penataan PKL Cihideung merupakan ide yang sangat bagus.

Demikian disampaikan Tjahja kepada Koropak selepas menerima audiensi dari Pepmatas di Ruang Rapat I DPRD Kota Tasikmalaya, Senin (13/1/2020).

Dikatakan Tjahja, selanjutnya tinggal bagaimana usulan tersebut disampaikan ke dinas terkait. Jika terwujud, tentu Pakulima akan menjadi strategi penataan PKL dan memberdayakannya, bahkan menciptakan potensi perekonomian melalui daya tarik wisata kuliner di Kota Tasikmalaya.

"Jelas ini sangat mendukung kebijakan Pemkot Tasikmalaya dalam upaya menurunkan angka kemiskinan, mengurangi pengangguran, serta meningkatkan daya beli masyarakat. Apalagi usulan pemanfaatan Gedung Eks-Pemkab Tasikmalaya, jika sampai terrealisasi dan tercipta Pasar Rakyat Sukapura sebagaimana usulan Pepmatas, maka itu akan jadi solusi untuk mengatasi kekarut marutan penataan PKL," katanya.

Hanya saja, kata Tjahja, untuk mewujudkan Pasar Rakyat Sukapura bukan hal yang mudah. Pemanfaatan Gedung Eks-Pemkab Tasikmalaya harus ada pembicaraan strategis antar kepala daerah, antara Walikota dan Bupati Tasikmalaya.

"Pada intinya, soal penertiban PKL Cihideung, Komisi II sudah tidak ada tawar menawar lagi. PKL Cihideung sudah harus ditertibkan. Jikapun memaksa untuk tetap di Cihideung, minimal konsepnya harus seperti di Car Free Day, setelah selesai berdagang, bereskan kembali. Bukan menetap di situ yang malah menambah kekumuhan. Adanya ide dari Pepmatas untuk dibangun Pakulima, itu jadi ide bagus dalam menata dan memberdayakan PKL Cihideung," katanya.

 

Koropak.co.id -  Tindak Lanjut Usulan Pakulima, Dewan Segera Panggil Dinas Terkait (2)

 

Baca : Kepada Dewan, Pepmatas Jeritkan Karut Marut Penataan PKL Cihideung

Hal senada disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya dari Fraksi Gerindra, Murjani SE menilai usulan dan solusi yang diberikan organisasi untuk membangun Pasar Kuliner Malam (Pakulima) dan Pasar Rakyat Sukapura (PSR) merupakan ide yang sangat bagus dan luar biasa.

Dikatakan Murjani, jika dikaitkan dengan kondisi di lapangan, kondisi PKL di Cihideung sangat semrawut, bahkan sudah memakan hampir setengah badan jalan.

"PKL di Cihideung memang harus segera dirapihkan. Terkait dengan masukan dari Pepmatas, itu gagasan yang sangat bagus dan harus ditindaklanjuti. Oleh karena itu, nanti kami akan mengundang dinas terkait untuk berdiskusi. Karena jika dilihat dari sisi anggaran pun untuk mewujudkan Pakulima tidak besar, hanya Rp 890 juta," kata Murjani.

Bahkan, ucap Murjani, pihaknya memiliki ide yang lebih luas lagi, yakni menciptakan Pakulima di sepanjang Jalan HZ Mustofa. Kemudian, jalan-jalan pendukung yang ada di sepanjang jalur HZ Mustofa dijadikan area parkir, sehingga nantinya akan seperti di Malioboro. Hanya saja, komitmen untuk tertib dan teratur harus benar-benar dijaga.

"Misalnya ada Pakulima di sepanjang HZ Mustofa, kita maunya hanya malam saja, pagi-pagi harus sudah beres lagi tertib lagi seperti sedia kala. Jika itu dapat terlaksana, bukan tidak mungkin jalur HZ Mustofa akan semakin menjadi primadona untuk dikunjungi warga. Bahkan bisa mendatangkan wisatawan," ucap Murjani.*


Baca pula : Miliki Antibodi Kuat, PKL Diyakini Mampu Dorong Pertumbuhan Ekonomi


Berita Terkait