Kunjungi BI Tasikmalaya, Dewan Gali Telaahan Kondisi Perekonomian

Selasa, 14 Januari 2020 17:08 Clara Aditia Parlemen

Kunjungi BI Tasikmalaya, Dewan Gali Telaahan Kondisi Perekonomian



Koropak.co.id - Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Andi Warsandi menuturkan Bank Indonesia memiliki telaahan kondisi perekonomian di Kota Tasikmalaya yang akurat, mulai dari kondisi terkini, permasalahan, langkah penanganan, hingga keberhasilan dan evaluasi, salah satunya program Wirausaha Bank Indonesia (WUBI).

Demikian disampaikan Andi kepada Koropak selepas berkunjung ke Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Tasikmalaya, Jalan Sutisna Senjaya Nomor 19 Tawang Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (14/1/2020).

"Kedatangan kami ke BI, selain untuk bersilaturahmi, juga untuk menggali informasi, mengetahui kondisi Kota Tasikmalaya sesuai pandangan dan kajian BI. Kami menggali hal-hal yang berkaitan dengan program di Kota Tasikmalaya. Hasilnya, informasi yang kami dapat sangat luar biasa. Termasuk strategi BI dalam pengembangan UMKM ke depan," kata Andi yang juga Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Tasikmalaya.

Komisi II, ucap Andi, sangat mengapresiasi keberhasilan BI atas program WUBI dalam mencetak, memberikan pendampingan, hingga mengembangkan UMKM binaannya sampai berhasil dalam segi manajerial hingga pemasarannya.

"Seyogianya keberhasilan ini harus dicontoh oleh Pemkot Tasikmalaya yang tengah menjalankan program pencetakan 1.000 Wirausaha Baru (WUB) per tahun dengan target tercetak 5.000 WUB dalam lima tahun hingga 2024," katanya.

 

 

Koropak.co.id - Kunjungi BI Tasikmalaya, Dewan Gali Telaahan Kondisi Perekonomian

 

Baca : Masih Ada Waktu Untuk Revisi Desain Pasar Pancasila

Langkah-langkah strategis BI dalam mengimplementasikan WUBI mulai dari proses awal sampai berhasil, ucap Andi, mesti dapat diadopsi oleh Pemkot Tasikmalaya agar program WUB yang tengah diusung tidak stagnan, dan dapat mengikuti jejak keberhasilan WUBI.

"Melalui silaturahmi ini, kami mendapat informasi yang sangat luar biasa, yang akan menjadi catatan bagi kami, untuk kami sampaikan ke pemerintah daerah," tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Koropak, dalam pertemuan tersebut, sejumlah anggota Komisi II menyampaikan sejumlah pertanyaan terkait kondisi perekonomian di Kota Tasikmalaya, seperti halnya Ir. Tjahja Wandawa dari Fraksi PKB Demokrat Bintang Restorasi yang menanyakan terkait aspek ekonomi apa yang cocok di Kota Tasikmalaya. Maman Darusman yang menanyakan peningkatan potensi UMKM yang belum tergali, serta Aceng SH dari Fraksi PAN yang menanyakan langkah UMKM menjangkau segmen ekspor.

Demikian halnya Murjani dari Fraksi Gerindra yang menggali kiat sukses WUBI sebagai bahan kajian untuk diadopsi ke WUB, serta Ing. M. Rijal AR Sutadiredja, M.AB dari Fraksi PKS yang membincangkan masih ada sekat besar yang menghalangi suksesnya UMKM di Kota Tasikmalaya salah satunya meraih pasar yang luas.*

 

Baca pula : Pasar Pancasila Akan Jadi Percontohan Pasar Berstandar SNI