Kepala SMPN 17 Tasikmalaya Jadi Ketua MKKS Kota Tasikmalaya

Selasa, 14 Januari 2020 21:48 Erni Nur'aeni Daerah

Kepala SMPN 17 Tasikmalaya Jadi Ketua MKKS Kota Tasikmalaya



Koropak.co.id - Kepala SMPN 17 Tasikmalaya Agus Rohman, M.Pd.,Msi terpilih menjadi Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Tasikmalaya periode 2020-2022, dalam pemilihan kepengurusan baru yang dilaksanakan di Gedung Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jalan Ir H Djuanda, Selasa (14/1/2020).

Kepada Koropak, Agus menuturkan program pertama yang akan digagasnya adalah memperkokoh kepengurusan MKKS dengan menambah struktur organisasi serta merancang berbagai bidang untuk mengembangkan program kualitas guru. Juga akan disiapkan rencana kegiatan seperti pelatihan para staf tata usaha (TU).

"Selama saya bekerja, kebanyakan para staf TU masih menggunakan pola lama. Sehingga perlu adanya pembaruan," katanya.

Bagi kepala sekolah, ucap Agus, disiapkan program peningkatan kapasitas. Terutama bagi kepala sekolah yang masuk dalam kepengurusan MKKS.

"Pokoknya total ada 4 bidang rencana kerja MKKS dengan kepengurusan baru. Dua di antaranya keprofesian serta kehumasan karena humas sangat berperan dalam berkoordinasi dengan pihak luar seperti menggali wawasan atas kinerja MKKS lain," ujar Agus.

MKKS, kata Agus, juga akan menganalisa program yang belum selesai dari kepengurusan lama. Direncanakan pula akan membentuk tim untuk meningkatkan kualitas para guru dan kepala sekolah seiring dengan era digitalisasi saat ini.

 

 

Koropak.co.id - Kepala SMPN 17 Tasikmalaya Jadi Ketua MKKS Kota Tasikmalaya

 

Baca : Kadisdik Kota Tasikmalaya Harapkan MKKS Berdayakan SDM Secara Optimal

 

Sementara itu, Ketua MKKS periode 2017-2019 yang merupakan Kepala SMPN 18 Tasikmalaya, Jaenal Mutakin, S.Pd., M.Pd mengatakan, adanya forum MKKS ini menjadi wadah untuk berkomunikasi 73 kepala sekolah guna meningkatkan kualitas kemampuan manajerial, kewirausahaan dan supervisi.

"Kami ucapkan selamat kepada kepengurusan baru yang telah terpilih. Bahkan dari sekolah negeri maupun swasta sudah terwakili. Semoga kepengurusan baru MKKS dapat membawa MKKS semakin solid. Dalam kepengurusan baru akan ada bidang-bidang keprofesian sebagai upaya peningkatan mutu SDM," tutur Jenal.

Untuk meningkatkan mutu SDM, sebagaimana pesan dari Kementerian Pendidikan, dalam kepengurusan MKKS sebelumnya telah dilaksanakan berbagai program, salah satunya seminar dan workshop tentang peningkatan mutu SDM.

"Kepala sekolah itu merupakan guru yang diberi tugas tambahan untuk mengelola sekolah dengan baik. Jadi MKKS mesti bisa mengambil peranan memajukan sekolahnya," ujarnya.*

 

Baca pula : Miris! Kota Tasikmalaya Kekurangan Tenaga Pendidik di Tingkat Sekolah Dasar

 


Berita Terkait