Walikota Instruksikan Dishub Segera Cetak Karcis Parkir

Selasa, 14 Januari 2020 21:54 Eris Kuswara Daerah

Walikota Instruksikan Dishub Segera Cetak Karcis Parkir



Koropak.co.id - Walikota Tasikmalaya, Drs. H. Budi Budiman menginstruksikan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tasikmalaya untuk segera mencetak karcis parkir dan uji coba teknologi Smart Parking.

Instruksi tersebut disampaikan Walikota dalam kegiatan evaluasi pembinaan pegawai Dishub Kota Tasikmalaya dan pembahasan rencana kegiatan untuk tahun 2020 yang dilangsungkan di Kantor Dishub Kota Tasikmalaya Jalan Ir H Juanda Nomor 191 Kelurahan Sukamulya Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya, Selasa (14/1/2020).

Walikota mengatakan, untuk permasalahan parkir seperti tidak tersedianya karcis parkir, pemerintah segera menginstruksikan Kepala Dishub Kota Tasikmalaya untuk segera mencetak karcis parkir. Termasuk juga melakukan uji coba terknologi Smart Parking.

"Tarif parkir sudah kami revisi dan mengacu ke tarif parkir lama tahun 2011 seperti untuk kendaraan roda dua dari Rp 500 kini menjadi Rp 1.000. Sementara untuk kendaraan roda empat dari Rp 1.000 menjadi Rp 2.000, kecuali jalur-jalur khusus seperti Jalur HZ Mustofa dikarenakan di sana sering terjadi kepadatan," kata Walikota.

Ditambahkan Walikota, tarif di jalur khusus tersebut sesuai dengan SK, untuk kendaraan roda dua dari Rp 1.000 kini menjadi Rp 2.000. Sedangkan untuk kendaraan roda empat dari Rp 2.000 menjadi Rp 3.000.

"Kenaikan tarif parkir di jalur HZ Mustofa bukan berbicara mengenai rupiah saja, tetapi menjadi upaya pemerintah untuk mengurangi kendaraan yang parkir di jalur tersebut sehingga akses jalan akan terbuka lebar dan mengurangi kemacetan," katanya.

Sementara untuk penerapan teknologi Smart Parking, kata Walikota, perlu adanya pelatihan, pembinaan karakter, tanggungjawab, serta kejujuran dari petugas parkir agar dapat terlaksana dengan benar.

"Menyoal kebocoran dari masalah parkir, itu disebabkan dari pegawai yang terbatas. Sehingga kami meminta Dishub Kota Tasikmalaya agar bisa memaksimalkan potensi keikutsertaan masyarakat yang memungut tarif parkir dengan diberikan seragam agar parkir lebih tertib," ucapnya.

 

 

Koropak.co.id - Walikota Instruksikan Dishub Segera Cetak Karcis Parkir

 

Baca : Kenaikan Tarif Bukan Solusi Meningkatkan PAD Dari Retribusi Parkir

Kepala Dishub Kota Tasikmalaya, H. Aay Zaini Dahlan menuturkan, terkait penertiban parkir di Kota Tasikmalaya kini hanya tinggal pelaksanaannya saja sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang ada.

"Untuk ketidakadaannya karcis parkir, kami akan mencetak karcis parkir tersebut dengan tarif parkir lama seiring dengan adanya kebijakan dari pemerintah daerah untuk mengembalikan tarif parkir ke tarif lama. Regulasi tarif parkir ini sudah diputuskan dan ditentukan, jadi langkah selanjutnya yang akan kami ambil adalah tinggal menjalankannya sesuai dengan regulasi yang ada," tutur Aay.*

 

Baca pula : Akhirnya Tarif Parkir di Kota Tasikmalaya Kembali Ke Tarif Lama

 


Berita Terkait