Atalia Kamil Lantik Bunda Genre Kota Tasikmalaya

Rabu, 15 Januari 2020 20:49 Eris Kuswara Daerah

Atalia Kamil Lantik Bunda Genre Kota Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Istri Gubernur sekaligus Bunda Genre Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil menggelar kunjungan kerja ke Kota Tasikmalaya dan menggelar berbagai kegiatan, salah satunya adalah "Pengukuhan Ayah dan Bunda Genre Kota Tasikmalaya" yang dilaksanakan di Aula Balekota Tasikmalaya, Rabu (15/1/2020).

Dalam kegiatan yang turut dihadiri Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat, Sukaryo Teguh Santoso tersebut, Atalia mengukuhkan istri Walikota Tasikmalaya, Dra. Hj. Ety Atiyah Budiman sebagai Bunda Genre Kota Tasikmalaya.

Kepada Koropak, Atalia Kamil mengatakan pengukuhan Bunda Genre merupakan salah satu bagian dari rangkaian program Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang dinamakan Siaran Keliling (Sarling).

"Selama tahun 2019, program Sarling telah dilaksanakan 13 kali, dan untuk Kota Tasikmalaya, kegiatan ini merupakan kali pertama di tahun 2020," kata Atalia.

Ditambahkan Atalia, dalam program tersebut, Pemprov Jawa Barat juga melakukan kolaborasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mulai dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan dinas lain.

"Program Sarling ini dilakukan dengan mengunjungi berbagai titik-titik di Kota dan Kabupaten yang ada di Jawa Barat," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Atalia Kamil Lantik Bunda Genre Kota Tasikmalaya (2)

 

Baca : Istri Walikota Tasikmalaya Didaulat Jadi Bunda Ramah Anak

Sementara itu, Kepala BKKBN Jawa Barat, Sukaryo Teguh Santoso menuturkan terdapat 8 fungsi keluarga yang menjadi faktor utama keharmonisan dan keberhasilan pasangan suami dan istri dalam berkeluarga yakni fungsi keagamaan, kasih sayang, kesehatan reproduksi, ekonomi, pendidikan, sosial budaya, etika dan pelestarian lingkungan.

"Terkait dengan berbagai kejadian yang berkaitan dengan keluarga yang terjadi di Kota Tasikmalaya, saya yakin kedua pasangan tidak memahami fungsi masing-masing dengan baik sehingga membuat mereka sering berkonflik," kata Sukaryo.

Pembinaan terhadap keluarga, kata Sukaryo, sangat penting agar terwujudnya fungsi keluarga yang baik. Oleh karena itu cara membina keluarga yang baik adalah memahami 8 fungsi keluarga. Program tersebut, turut menyasar generasi muda yang harus memiliki perencanaan berkeluarga yang baik.

 

Koropak.co.id - Atalia Kamil Lantik Bunda Genre Kota Tasikmalaya (3)

 

Lihat : Kampung Ramah Anak, Wujudkan Kota Tasikmalaya Layak Anak

 

"Soal pendekatan Genre, dimulai dengan melakukan pendekatan di masyarakat, sekolah dan lingkungan terdekat sehingga nantinya akan tercipta Duta Genre. Sementara untuk Bunda Genre sendiri, berperan dalam mendorong agar program KB yang di dalamnya terdapat program Genre bisa mudah dijalankan oleh masyarakat," ujarnya.

Dikatakan Sukaryo, meskipun Kota Tasikmalaya merupakan kota kecil, akan tetapi tantangannya sangat besar mulai dari isu-isu mengenai remaja yang meliputi narkoba, seks bebas dan pernikahan dini.

"Meskipun untuk isu pernikahan dini di Kota Tasikmalaya sedikit karena Kota Tasikmalaya lebih dewasa dibandingkan wilayah selatan, tetapi untuk persoalan narkoba dan seks bebas yang buntutnya pada penyakit HIV/AIDS masih cukup tinggi dan hal tersebut harus menjadi catatan penting bagi Kota Tasikmalaya untuk segera ditanggulangi," tuturnya.*

 

Baca pula : Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat Gelar Sarling di Kota Tasikmalaya

 


Berita Terkait