Dewan Inginkan Koperasi di Kota Tasikmalaya Tumbuh Sehat

Kamis, 16 Januari 2020 09:27 Clara Aditia Parlemen

Dewan Inginkan Koperasi di Kota Tasikmalaya Tumbuh Sehat

 

Koropak.co.id - Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya dari Fraksi PKS, Ing. M. Rijal AR Sutadiredja, M.AB menilai Rapat Evaluasi bersama Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumkm Perindag) Kota Tasikmalaya yang dilangsungkan di Ruang Rapat Komisi, Rabu (15/1/2020) baru sampai pada pembahasan bidang koperasi.

Dikatakan Rijal, hal itu dikarenakan antusias Komisi II yang ingin mendalami laporan dari Diskumkm Perindag untuk mendapatkan telaahan terkait kesehatan koperasi di Kota Tasikmalaya. Sekaligus guna melihat program yang bisa menjadi peningkatan dari penilaian koperasi, mulai dari aspek administrasi, manajerial, keuangan, tata kelola, dan lain hal.

"Kami sangat mendukung gerakan koperasi di Kota Tasikmalaya untuk kembali menggeliat, seiring dengan dukungan anggaran yang cukup untuk aktivitas koperasi. Juga melalui upaya pendampingan agar koperasi yang tidak sehat bahkan tidak aktif, dapat hidup kembali, bergeliat kembali, dan tumbuh jadi koperasi sehat dengan salah satu parameternya rutin melaksanakan Rapat Anggota Tahunan atau RAT," katanya.

Dikatakan Rijal, dewan juga mendorong agar di tahun 2020 dicanangkan program peningkatan kapasitas pengurus koperasi, salah satunya melalui sertifikasi juru buku atau keuangan dan juga manajemen SDM. Koperasi juga diharapkan dapat memanfaatkan era digitalisasi dengan memanfaatkan teknologi dalam operasional koperasi.

"Saya juga berharap ke depan ada regenerasi kepengurusan koperasi dengan melibatkan generasi milenial sehingga tidak ada lagi kesan bahwa koperasi hanya milik orangtua saja. Kota Tasikmalaya adalah kota koperasi. Mari kita bersama pertahankan, dan dorong image tersebut agar koperasi di Kota Tasikmalaya jadi sektor ekonomi unggulan, koperasi sangat dibutuhkan masyarakat dan koperasi sangat coock dengan kultur masyarakat Kota Tasikmalaya," tutur Rijal.

 

Koropak.co.id - Dewan Inginkan Koperasi di Kota Tasikmalaya Tumbuh Sehat (3)

 

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya dari Fraksi Gerindra, H. Murjani SE menuturkan rapat dengan Diskumkm Perindag cukup menarik karena Diskumkm Perindag menyajikan data yang cukup lengkap. Hanya saja masih terdapat beberapa kekurangan, salah satunya data pembanding, misalnya laporan evaluasi kinerja tahun 2018.

"Sukses apa enggaknya, kita mesti bandingkan dengan ukuran tahun sebelumnya walau ada indikator penyerapan anggaran. Ini semua, semata untuk melihat progres kinerja dari dinas," katanya.

Adanya usulan pisah dinas dalam tubuh Diskumkm Perindag, dinilai Murjani merupakan usulan yang patut diapresiasi mengingat Diskumkm Perindag memiliki bidang kerja yang cukup gemuk, yakni Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan.

"Jika dipisah, tentu akan lebih terfokus lagi kinerja mereka sesuai tugas pokok dan fungsinya. Selama ini, kan cukup kesulitan dengan terlalu banyak bidang kerja di Diskumkm Perindag. Contohnya setiap rapat evaluasi selalu tidak tuntas dan akhirnya penjadwalan ulang untuk rapat lanjutan," katanya.

 

Koropak.co.id - Dewan Inginkan Koperasi di Kota Tasikmalaya Tumbuh Sehat (2)

 

Baca : Spirit Dewan Kembalikan Kejayaan Koperasi di Kota Tasikmalaya

 

Dikatakan Murjani, Komisi II saat ini memang konsen mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Tasikmalaya yang mirisnya, saat ini Kota Tasikmalaya masih menjadi 2 besar Kota Termiskin di Jawa Barat. Dari indeks gini ratio pun masih ketinggalan.

"Konsen kita adalah bagaimana masyarakat menengah ke bawah harus punya duit supaya daya belinya meningkat. Koperasi sebagai soko guru ekonomi akan kita bangunkan. Ada wacana revitalisasi dan pembangunan Pusat Koperasi Terpadu merupakan upaya strategis koperasi, yang jika berhasil dan sesuai harapan, kami yakini akan menjadi daya dobrak untuk mengembalikan kejayaan koperasi, dan menjadi motor penggerak geliat perekonomian di Kota Tasikmalaya," ucap Murjani.*

 

Baca pula : Di Kota Tasikmalaya Akan Dibangun Pusat Koperasi Terpadu


Berita Terkait