Sebelas Desa di Kawali Ciamis Ikuti Lomba Olahan Ikan Kere

Senin, 20 Januari 2020 18:58 Rizal Amirullah Desa

Sebelas Desa di Kawali Ciamis Ikuti Lomba Olahan Ikan Kere


Koropak.co.id - Sebanyak 11 desa di Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis mengikuti kegiatan lomba mengolah ikan kere yang digelar di Kantor Kecamatan Kawali, Senin (20/1/2020).

Camat Kawali, Yayan Heryana menuturkan kegiatan lomba olahan ikan kere merupakan agenda rutin PKK Kecamatan Kawali sekaligus menjadi media implementasi 3 program PKK, yakni Pekngapung (PKK kecamatan nganjang ka kampung), keresek (kesadaran rereongan sebarkan kebaikan), serta Siulan (simpanan unggal bulan).

"Walaupun baru pertama kali diadakan lomba ikan Kere di Kecamatan Kawali, namun para kader PKK nampak sangat antusias," katanya.

Ditambahkan Yayan, lomba mengolah ikan jadi kere merupakan agenda tambahan dalam kegiatan rutin bulanan PKK. Dalam lomba tersebut, ketentuannya Ikan kere harus berdiameter 3 cm sampai 5 cm, kemudian dikeringkan, dan diberi bumbu.

 

Koropak.co.id - Sebelas Desa di Kawali Ciamis Ikuti Lomba Olahan Ikan Kere (2)

 

Baca : Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat Gelar Sarling di Kota Tasikmalaya

Kriteria lainnya, ikan harus segar langsung dari kolam yang tidak terkontaminasi. Selanjutnya ikan harus dicuci dengan air mengalir.

"Kegiatan lomba ikan kere ini juga menjadi media pelatihan soft skill masyarakat yang bisa mendorong kesejahteraan masyarakat, sebagaimana visi Pak Bupati Ciamis, yakni mantapnya kemandirian ekonomi, sejahtera untuk semua," kata Yayan.

Setelah melalui perhitungan dan penilaian, akhirnya ditetapkan Juara 1 dari Desa Kawali Mukti. Penilaian yang diambil dari bentuk penampilan ikan kere, rasa dan kerenyahannya yang berhasil mengalahkan olahan ikan kere dari peserta lainnya.*

 

Baca pula : PKK Kota Tasikmalaya Harus Selaras dan Bersinergi