Sebanyak 20 Orang Diberangkatkan Magang Ke Jepang

Senin, 20 Januari 2020 23:15 Eris Kuswara Daerah

Sebanyak 20 Orang Diberangkatkan Magang Ke Jepang


Koropak.co.id - Bekerjasama dengan Bank Indonesia dalam pelatihan selama 3 bulan yang diikuti 30 orang peserta, tercatat sebanyak 20 orang peserta sudah lulus seleksi dari perusahaan Jepang dan akan diberangkatkan. Sementara untuk 10 orang peserta lainnya harus berlatih kembali.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tasikmalaya, Rachmat Mahmuda, SE., MM., kepada Koropak selepas mengikuti kegiatan pelepasan peserta magang ke Jepang yang dilaksanakan di Halaman Balekota Tasikmalaya, Senin (20/1/2020).

"Untuk tahap awal, mereka akan melakukan magang selama 2 tahun diberbagai perusahaan yang ada di Jepang termasuk salah satunya di Daihatsu Jepang. Namun jika prestasi mereka bagus, mungkin mereka memiliki kesempatan untuk diperpanjang atau bahkan ditarik sebagai pegawai atau karyawan disana," kata Rachmat.

Ditambahkan Rachmat, untuk syarat bisa pergi ke Jepang minimal harus mampu menguasai bahasa Jepang standar N5. Sementara itu, untuk pemberangkatan rencananya akan dilaksanakan antara bulan Maret atau April 2020 mendatang setelah para peserta mengikuti karantina.

"Untuk yang mengikuti program ini saat ini hanya 1 LPK, namun kami berharap kedepan bisa sampai 3 LPK dengan rata-rata dari 1 LPK-nya sebanyak 60 orang. Karena program ini juga dilaksanakan dalam rangka mengurangi angka pengangguran, meningkatkan perekonomian keluarga dan meningkatkan devisa pekerja," ucapnya .

Rachmat menuturkan, ini merupakan program yang kedua dari Disnaker Kota Tasikmalaya dengan target per tahunnya sebanyak 100 orang. Namun sayangnya untuk permintaan dari Jepang sebenarnya sebanyak 1.000 sehingga masih kurang. Hal yang menjadi kendala saat ini adalah masyarakat masih belum berani bekerja diluar daerah terlebih lagi diluar negeri.

 

Koropak.co.id - Sebanyak 20 Orang Diberangkatkan Magang Ke Jepang (2)

 

Baca : SMKN 2 Tasikmalaya Gelar Talkshow Bersama Perusahaan Jepang

Sementara itu, salah seorang peserta Magang Ke Jepang asal Cikatomas, Bella Bunga Pertiwi menuturkan, motivasinya ikut magang ke Jepang adalah untuk membantu orangtua mencari penghasilan dan tabungan agar ketika kembali ke Indonesia dia bisa memulai usaha sendiri.

"Selain itu, orang-orang Jepang itu identik disiplin sehingga dengan mengikuti magang, apa yang ada disana itu bisa diterapkan disini terutama dalam hal etos kerja. Selain dari segi finansial, diharapkan setelah bekerja di Jepang bisa masuk bekerja di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia seperti Mitsubishi, Toyota dan lainnya," tutur Bella.

Dikatakan Bella, karena banyak yang mengatakan, setelah bekerja di perusahaan Toyota Jepang maka akan ada golden ticket masuk ke perusahaan Toyota Indonesia. Sehingga tidak perlu jauh-jauh lagi ke Jepang.*

 

Baca : Magang ke Jepang, Upaya Kurangi Pengangguran di Kota Tasikmalaya

 


Berita Terkait