BNN Kota Tasikmalaya Usulkan Perda P4GN Jadi Prioritas

Selasa, 21 Januari 2020 23:06 Eris Kuswara Parlemen

BNN Kota Tasikmalaya Usulkan Perda P4GN Jadi Prioritas


Koropak.co.id - Seiring dengan semakin tingkat penyalahgunaan narkotika, termasuk di Kota Tasikmalaya yang semakin merajarela, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tasikmalaya mengusulkan agar Perda tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) menjadi skala prioritas Perda untuk dibahas di tahun 2020.

Kepala BNN Kota Tasikmalaya, Tuteng Budiman menuturkan usulan tersebut disetujui oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Tasikmalaya dalam rapat yang digelar di Ruang Bapemperda DPRD Kota Tasikmalaya, Selasa (21/1/2020). Sehingga Perda tentang P4GN yang tadinya ada pada nomor urut 3 kini menjadi ada pada urutan pertama Perda yang akan dibahas di tahun 2020.

"Sesuai dengan instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), perlu dibentuk Perda tentang P4GN seiring dengan tindakan penyalahgunaan narkoba di Indonesia yang sudah merajalela. Oleh sebab itu di setiap daerah saat ini tengah fokus menyiapkan usulan Perda tentang P4GN termasuk di Kota Tasikmalaya," kata Tuteng.

 

 

Koropak.co.id - BNN Kota Tasikmalaya Usulkan Perda P4GN Jadi Prioritas (2)

 

 

Lihat : BNN Bongkar Praktik Pabrik Narkoba Berkedok Pabrik Sumpit

 

Ditambahkan Tuteng, hal itu juga sejalan dengan pernyataan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo yang menyatakan perang terhadap narkoba dan menyatakan Indonesia darurat narkoba.

"Perda ini dijadikan payung hukum agar upaya pencegahan narkotika dapat dilaksanakan lebih optimal lagi," ucapnya.

Ditanya soal keterkaitan urgensi Perda tentang P4GN dengan penggerebekan Pabrik Pil PCC berkedok pabrik sumpit di Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya, Tuteng menuturkan bahwa Perda P4GN tidak ada kaitannya sama sekali dengan usulan perubahan skala prioritas.

"Bahkan usulan ini sudah kami siapkan sebelum insiden penggerebekan Pabrik Pil PCC di Kota Tasikmalaya hanya belum sempat dibahas. Namun adanya kasus tersebut, mendorong BNN Kota Tasikmalaya untuk meningkatkan skala prioritas Perda tentang P4GN tersebut," katanya.

Tuteng berharap Perda tentang P4GN bisa secepatnya dibahas. Tuteng meyakini adanya Perda tersebut mendorong peningkatan intensitas BNN dalam melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika melalui edukasi bahaya narkotika.*

 

Baca pula : Dewan Setujui Dua Raperda Jadi Skala Prioritas 


Berita Terkait