Materi Dasar Wajib Dimiliki Taruna Sebagai Calon Pelaut

Rabu, 22 Januari 2020 09:59 Dede Hadiyana Nasional

Materi Dasar Wajib Dimiliki Taruna Sebagai Calon Pelaut


Koropak.co.id - Politeknik Pelayaran Banten mengasah skil dan wawasan taruna seperti salah satunya materi Advance Fire Fighting (AFF). Tujuannya meningkatkan kualitas taruna di bidang pelayaran agar pada saat diimplementasikan dalam karirnya kelak, para taruna siap dengan kondisi apapun yang terjadi saat di atas kapal termasuk insiden kebakaran.

Materi AFF sangat penting dikuasai taruna agar taruna lebih mengenal cara dan prosedur memadamkan kebakaran di atas kapal termasuk alat pemadamnya, karena tidak menutup api menjadi penyebab terjadinya kecelakaan di atas kapal.

Dengan pembekalan AFF, taruna diharap mengetahui jenis-jenis alat pemadam kebakaran, taruna harus bisa mengetahui penyebab kebakaran, dan taruna juga harus mengerti prosedur dan kerjasama tim memadamkan kebakaran serta pembelajaran lainnya.

Pentingnya sebuah kedisiplinan dalam dunia pelayaran, menjadi kunci untuk menghindari para pelaut dari resiko atas hal-hal yang tidak diinginkan. Pasalnya, insiden kecelakaan khususnya di atas kapal tingkat resiko atas insiden mencapai 99 persen.

 

Koropak.co.id - Poltekpel Banten Asah Skil dan Wawasan Taruna (3)

 

Baca : Peran Aktif Politeknik Pelayaran Banten di Dunia Kemaritiman

Dikonfirmasi Koropak, Rabu (22/1/2020) Kepala Sub Bagian Administrasi Ketarunaan dan Alumni Politeknik Pelayaran Banten, Sultan, MM., M.Mar., menuturkan dalam hal kedisiplinan, Poltekpel Banten memberikan pendidikan dengan mengutamakan kedisiplinan melalui penerapan disiplin ilmu berupa teori di kampus selama 2 tahun dan praktik berlayar selama 1 tahun. Usai praktik, taruna kembali dan bersiap untuk ujian akhir.

"Dengan adanya materi AFF ini diharapkan, para taruna memiliki tingkat kedisiplinan dan kecekatan sehingga pada saat berada dalam masalah yang terjadi ketika diatas kapal bisa ditangani dengan cepat," katanya.*

 

Baca pula : Gempita Swara Bahari Marching Band Andalan Poltekpel Banten