Gedung Assessment Center Polda Jabar Telah Resmi Beroperasi

Kamis, 23 Januari 2020 11:19 Eris Kuswara Provinsi

Gedung Assessment Center Polda Jabar Telah Resmi Beroperasi


Koropak.co.id - Asisten SDM Polri, Irjen Pol. Dr. Eko Indra Heri S., MM meresmikan Gedung Assessment Center Polda Jawa Barat yang dilaksanakan di Mapolda Jawa Barat, Rabu (22/1/2020). Gedung Assessment Center Polda Jabar tersebut merupakan buah kerjasama antara Polda Jabar dan Pimpinan Wilayah BRI Bandung.

Gedung Assessment dibangun melalui anggaran dana hibah hingga Rp 800 juta, dengan luas 429 meter persegi yang mulai dibangun sejak 19 Agustus 2019. Di dalamnya dilengkapi fasilitas meliputi ruang diskusi, ruang wawancara, ruang tunggu assessi, hingga mushola.

Kepada Koropak, Asisten SDM Polri, Irjen Pol Dr Eko Indra Heri S., M.M mengatakan, pembangunan Gedung Assassment Center merupakan wujud nyata dari pengimplementasian 2 program prioritas Kapolri yakni mewujudkan SDM yang unggul dan sinergitas polisional yang proaktif.

"Assessment Center ini juga merupakan salah satu metode yang hingga saat ini hasilnya sudah paling sesuai dalam memberikan saran kepada pimpinan untuk menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat, terutama dalam menilai soft competency," kata Eko.

 

Koropak.co.id - Gedung Assesment Center Polda Jabar Telah Resmi Beroperasi (2)

 

Baca : TNI Polri Rajut Persahabatan

Ditambahkan Eko, hingga saat ini Assessment Center Polri tersebut telah berinovasi dengan membangun virtual assessment yang berfungsi sebagai penilaian kompetensi anggota Polri dan aparatur sipil negara dengan metode mengubah simulasi dalam Assessment Center tradisional menjadi desktop simulations.

"Peserta dapat mengikuti simulasi Assessment Center ini dengan menggunakan komputer atau laptop, namun tetap tidak menghilangkan esensi, akan tetapi dapat mengurangi waktu dan biaya. Assesment Center Polri ini juga telah menerapkan Post Assessment Center di seluruh jajaran SDM Polda yang masuk dalam bentuk program TMCC training, mentoring, coaching dan konseling," ucapnya.

Eko menuturkan, nantinya Gedung Assessment Center ini juga akan digunakan untuk kegiatan pengembangan SDM Polri, kegiatan kerjasama antara instansi pemerintah lainnya serta tempat untuk kegiatan menejemen talenta Polri, promosi jabatan terbuka, pemetaan kompetensi calon pejabat Polri dan seleksi penugasan di luar struktur organisasi Polri.

 

Lihat : BNN Bongkar Praktik Pabrik Narkoba Berkedok Pabrik Sumpit

 

Sementara itu, Walikota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman yang tampak hadir dalam kesempatan tersebut, menyampaikan selamat atas diresmikannya Gedung Assessment Center.

"Selamat dan sukses atas diresmikannya Gedung Assessment Center. Semoga dapat menjadi instrumen pendukung kinerja Polri, khususnya Polda Jabar dalam melaksanakan tugasnya dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat," katanya.*

 

Baca pula : Polisi Amankan Dua Terduga Pelaku Penyiraman Terhadap Novel Baswedan

 


Berita Terkait