Awas Ancaman Politik Uang, Bawaslu Launching Sadapur

Kamis, 23 Januari 2020 12:24 D. Farhan Kamil Pilkada

Awas Ancaman Politik Uang, Bawaslu Launching Sadapur

 

Koropak.co.id - Upaya membangun kesadaran serta membuka wawasan masyarakat terhadap bahaya politik uang yang kerap hadir dalam setiap pelaksanaan pemilu, Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya terus membangun simpul-simpul kekuatan masyarakat, sebagai pengawas partisipatif dan agen perubahan terhadap iklim demokrasi tanpa politik uang dan riswah.

Salah satu upaya Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya dan menjadi yang pertama dilakukan oleh Bawaslu kota atau kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak 2020, adalah membangun gerakan desa Sadar Anti Politik Uang dan Riswah (Sadapur).

"Gerakan Sadapur ini adalah upaya untuk menyadarkan masyarakat di perdesaan dimulai dari keluarga, lingkungan dan sosial terdekat, tentang bahaya politik uang dan berani menolaknya sebab hukuman bagi penerima dan pemberi itu sama beratnya, termasuk menolak tindakan diskriminasi dan bentuk-bentuk pelanggaran pemilu lainnya," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Juanda seusai acara sosialisasi pengawasan partisipatif dan launching gerakan desa Sadapur di Padepokan Cijaga Kampung Cikiray Desa Salawu Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (22/1/2020).

 

Koropak.co.id - Awas Ancaman Politik Uang, Bawaslu Launching Sadapur (2)

 

Baca : Jelang Pilkada Serentak KPU Kabupaten Tasikmalaya Gaet Kejaksaan

Dalam kegiatan yang melibatkan seluruh anggota dan sekretariat Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, para pengawas pemilu kecamatan serta dihadiri anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat H. M Wasikin itu, dilakukan pula penandatanganan deklarasi tolak dan lawan poltik uang, penghinaan, penghasutan dan politisasi sara dalam Pilkada 2020. Disaksikan, para tokoh adat Kampung Naga, pejabat Polri dan TNI, Muspika serta perangkat pemerintahan desa Salawu.

Menurut Dodi, mewujudkan pesta demokrasi berupa Pilkada yang jujur dan bersih, bukan saja tugas Bawaslu, Tetapi juga menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat yang memiliki kesadaran terhadap proses demokrasi di Kabupaten Tasikmalaya.

"Menolak politik uang yang sudah menjadi penyakit laten dan membudaya, merupakan kewajiban semua komponen masyarakat. Bawaslu mengajak masyarakat bersama-sama mewujudkan Pilkada 2020 sebagai pemilu bersih dan bermartabat," ujarnya.*

 

Baca Pula : Kehormatan Bawaslu- Ditunjang Oleh Kinerja dan Integritas Panwascam

 


Berita Terkait