Enam Krida Jadi Bahan Monitoring Kinerja Dinkes Kota Tasikmalaya

Kamis, 23 Januari 2020 14:15 Erni Nur'aeni Daerah

Enam Krida Jadi Bahan Monitoring Kinerja Dinkes Kota Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Dikonfirmasi Koropak soal dilantiknya Saka Bakti Husada, Kamis (23/1/2020), Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kota Tasikmalaha H. Undang Hendiana mengapresiasi Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya yang telah mengukuhkan 100 pengurus Saka Bakti Husada.

Pelantikan Saka Bakti Husada yang digelar di Aula Balekota Tasikmalaya, Rabu (22/1/2020) kemarin, dinilai Undang menjadi spirit revitalisasi organisasi dalam rangka pelaksanaan kepramukaan.

"Terdapat 6 Krida dengan tugas yang tidak keluar dari fungsi Dinas Kesehatan. Adanya Krida tersebut menjadi indikator kinerja bagi dinas," katanya.

Ditambahkan Undang, pelantikan tersebut sebagai tindaklanjut dari Undang-Undang serta amanat Kementerian Kesehatan yang menyatakan adanya Saka Bakti Husada dapat menjadi indikator kinerja dinas karena terdapat 6 Krida yang bisa menjadi upaya monitoring dinas.

 

Koropak.co.id - Enam Krida Jadi Bahan Monitoring Kinerja Dinkes Kota Tasikmalaya (2)

 

Baca : Saka Bakti Husada Kota Tasikmalaya Dikukuhkan

 

Adapun 6 Krida tersebut yakni Krida Bina Kesehatan keluarga, Krida Bina Kesehatan Lingkungan, Krida Bina Penanggulangan Penyakit, Krida Bina Gizi, Krida Bina Obat, dan Krida Bina Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Undang berharap adanya rekrutmen di kalangan anak muda seperti anggota penegak dan pandega pramuka yang akan melaksanakan tugas sesuai dengan pembinaan dan pelatihan.

"Sifat pramuka itu suka rela, oleh sebab itu dinas bertugas untuk melaksanakan sosialisasi mengenai Saka Bakti Husada ini ke masyarakat, serta ke jenjang pendidikan SMP, SMA dan SMK mengenai tugas dan tanggung jawab dari Saka Bakti Husada di lingkungan Dinas Kesehatan," katanya.*

 

Baca pula : Gerakan Pramuka Diharap Membawa Kemajuan Bagi Daerah


Berita Terkait